Yogyakarta Bakal Jadi Markas Tim asal Luar Jawa

Yogyakarta Bakal Jadi Markas Tim asal Luar Jawa

Lanjutan Liga 1 2020 direncanakan bakal berpusat di pulau Jawa. Untuk itu, PSSI menyiapkan Yogyakarta sebagai markas tim luar Jawa. Kabarnya, PSSI mendapatkan hotel yang bisa digunakan secara cuma-cuma.

Liga 1 2020 bakal kembali digulirkan bulan September mendatang. Berbagai isu mengenai format kompetisi juga ikut beredar. Mulai dari dihapuskannya sistem degradasi hingga rencana penambahan dana subsidi.

Kabarnya, lanjutan liga juga bakal difokuskan di pulau Jawa. Hal untuk meringankan biaya operasional klub kontestan Liga 1. Selain itu, hal ini dipilih untuk menyiasati problem penerbangan. Seperti diketahui, beberapa daerah hingga kini belum membuka bandara.

Untuk liga yang difokuskan di Jawa, PSSI telah memiliki rencana. Rencana ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Iwan Bule, sapaan Iriawan, berencana menjadikan Yogyakarta sebagai markas tim luar Jawa.

Mendapatkan Bantuan Hotel Gratis

Opsi tersebut tidak datang tanpa alasan. Iwan Bule mengatakan bahwa ada pihak yang berniat membantunya. Bantuan tersebut berwujud hotel yang bisa digunakan secara gratis. Pihak hotel juga akan memberikan jatah satu kali makan.

“Ada teman dari Yogyakarta yang memiliki lima hotel, dengan konsorsium. Hotel tersebut bisa digunakan tim yang berasal dari luar Jawa,” ujar Iwan dalam webinar Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI.

Yogyakarta Bakal Jadi Markas Tim asal Luar Jawa

“Awalnya kami diminta membayar 25 persen. Namun, saya meminta bagaimana kalau gratis? Akhirnya, bisa gratis dan sekali makan. Alhamdulillah,” imbuhnya.

Menurut Iwan, hotel tersebut akan digunakan oleh lima tim Liga 1. Sementara tim lainnya, akan tetap bermarkas di kota masing-masing.

“Mungkin Persiraja (Banda Aceh), Borneo FC, Barito Putera (Kalimantan), PSM Makassar, dan Persipura Jayapura bakal dipusatkan di Jogja. Sehingga mereka tidak wira-wiri. Sementara tim lain, pakai tol juga bisa,” ujar Iwan.

Gunakan Stadion di Yogyakarta

Di Yogyakarta, ada beberapa stadion yang bisa digunakan. Diantaranya adalah Stadion Mandala Krida, Stadion Maguwoharjo, Stadion Sultan Agung.

Selain itu, ada juga fasilitas latihan yang bisa digunakan. Tim-tim tersebut bisa menggunakan lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lapangan ini biasa dipakai untuk pemusatan latihan timnas Indonesia.

Namun, ada satu tim yang belum disebutkan oleh Iwan Bule, yakni Bali United. Belum diketahui di mana markas tim Semeton Dewata tersebut.

PSSI belum secara resmi mengambil keputusan terkait wacana ini. Rencananya, pihak federasi baru akan mengambil keputusan melalui rapat Exco. Agenda ini sedianya akan digelar 13 Juni mendatang.

Yogyakarta Bakal Jadi Markas Tim asal Luar Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top