Wasit Liga 1 Minta Regulasi Khusus Demi Keselamatan

Wasit Liga 1 Minta Regulasi Khusus Demi Keselamatan

Nusur Fadilah meminta PSSI berlakukan aturan khusus di lanjutan kompetisi. Ia meminta hanya satu orang yang diperbolehkan untuk melakukan protes. Menurut wasit Liga 1 ini, peraturan tersebut bermaksud untuk mencegah adanya kerumunan.

Peraturan tersebut menurut Nusur Fadilah sebagai bagian dari antisipasi. Ia mengaku khawatir dengan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga ia meminta agar diberlakukan regulasi khusus demi melindungi keselamatan wasit.

Nusur Fadilah meminta adanya peraturan teknis mengenai tata cara protes. Menurutnya, hanya kapten yang diperbolehkan mempertanyakan keputusan wasit. Selain kapten, tidak ada pemain lain yang boleh mendekati wasit.

Peraturan ini juga merupakan adaptasi dari lanjutan liga Eropa. Bundesliga merupakan pionir dalam implementasi praktis regulasi baru ini.

“Mungkin bisa diberlakukan aturan baru terkait kondisi sekarang ini. Mungkin bisa dengan aturan tidak boleh ada protes berlebihan. Kalaupun ada, hanya kapten yang diperbolehkan,” ujar Nusur Fadilah.

Harus Jaga Jarak

Lebih lanjut, Nusur Fadilah meminta agar physical distancing diperhatikan. Ketika protes dilancarkan, tetap harus ada jarak antara pemain dan wasit. Sehingga tidak terjadi kontak fisik saat mempertanyakan keputusan wasit.

Nusur juga memberikan usulan terkait sanksi yang bakal dikenakan. Setiap pemain yang mendekati wasit, tentu akan langsung diberikan kartu.

Wasit Liga 1 Minta Regulasi Khusus Demi Keselamatan

“Kalau ada yang memaksa mendekat, kami berikan teguran. Kalau masih tetap mendekat, kami akan berikan kartu,” ujar wasit yang sering dicap kontroversial ini.

Berkaca dari Pengalaman

Nusur Fadilah menambahkan, usulan tersebut berkaca dari pengalamannya selama ini. Pemain Indonesia dianggap sering melakukan protes dengan berlebihan. Sehingga peraturan tersebut wajib ada jika liga benar-benar dilanjutkan.

“Kita tahu tipikal pemain Indonesia itu keras. Sehingga harus ada peraturan ini. Dengan peraturan yang ketat, pemain tentu akan menghargai,” ucap Nusur.

Nusur meminta semua pihak memahami kondisi yang ada sekarang. Ia mengatakan bahwa wasit juga manusia biasa. Sehingga, meskipun terjadi kekeliruan, protes yang dilancarkan bisa dilakukan sewajarnya.

“Semua pasti mengikuti aturan yang berlaku dari FIFA. Pemain harus menghargai itu. Kalau terjadi kekeliruan oleh wasit, hanya kapten yang bicara. Kalau ada yang berlebihan, kami akan langsung berikan kartu,” kata Nusur.

Meskipun demikian, Nusur mengaku senang dengan wacana dilanjutkannya liga. Absennya pertandingan membuat para wasit kelimpungan untuk menyambung hidup. Sehingga jalannya kompetisi bisa menjadi angin segar bagi pengadil pertandingan. Namun, ia tetap meminta perlindungan kesehatan dari pihak penyelenggara.

Wasit Liga 1 Minta Regulasi Khusus Demi Keselamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top