BerandaLiga IndonesiaUngkap Filosofi 3C, Rahasia Karir Panjang Iwan Budianto

Ungkap Filosofi 3C, Rahasia Karir Panjang Iwan Budianto

Iwan Budianto memiliki rahasia untuk sukses di dunia sepak bola. Waketum PSSI ini memiliki filosofi 3C untuk mengembangkan karirnya. Filosofi 3C tersebut senantiasa dipegang oleh bos Arema FC ini.

“Dalam sepak bola, filosofi saya cool, calm, dan confident saja. Terus berproses untuk belajar menjadi tenang dan sabar. Harus bisa meredam dan kelola emosi. Itu yang saya lakukan dan Alhamdulillah semuanya lancar,” ujar Iwan Budianto.

Iwan Budianto memiliki cerita panjang di sepak bola nasional. Tercatat, Ia telah mengabdikan dirinya selama lebih dari 21 tahun. Ia juga mengambil peran di berbagai lini dalam sepak bola. Mulai dari klub, Asosiasi Provinsi (Asprov), hingga PSSI.

Dari Fans Menjadi Manajer Arema FC

Awalnya, Iwan Budianto merupakan seorang fans Arema pada tahun 1987. Sam IB, sapaan akrabnya, kemudian masuk jajaran tim pada 1998. Ia diangkat menjadi manajer tim yang baru. Saat itu, IB ditemani oleh Kristia Yudha sebagai asisten manajer.

Iwan Budianto menghabiskan 12 tahun karirnya di Arema. Mulai dari manajer tim (1998-1999, 2000-2001) hingga menjadi CEO Arema FC era 2012-2019.

“Karir di klub saya awali di Arema tahun 1998. Kemudian saya akhiri juga di Arema pada 2019. Saya 12 tahun bersama Arema,” ucap Iwan Budianto.

Ungkap Filosofi 3C, Rahasia Karir Panjang Iwan Budianto

Iwan Budianto juga sempat merapat ke Persik Kediri. Ia didapuk sebagai manajer tim pada 1999-2000, 2003-2007. Ia juga sempat menjadi Direktur Teknik Persisam Samarinda (2008-2009).

“Jadi, saya 20 tahun lebih mengurus klub. Termasuk di Persik Kediri, KS Puma Malang, dan Persisam Samarinda. Sisanya di PSSI dan Timnas Indonesia,” ujar eks Asisten Manajer tim nasional Indonesia tersebut.

Karir Panjang di Organisasi

Iwan Budianto tak hanya menjadi pengurus klub semata. Ia juga terjun di PSSI pusat dan Asprov PSSI Jawa Timur. Alumni Universitas Kediri ini pernah menjabat di sembilan posisi berbeda.

Iwan memulainya dengan menjadi Manajer tim Jawa Timur U-16 (1999-2000). Ia kemudian menjadi anggota Board of Management Badan Liga Sepak Bola Indonesia (2004-2007). Masih ada berbagai jabatan lain yang pernah diduduki IB.

Iwan pernah duduk sebagai Asisten Manajer timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Kemudian IB didapuk sebagai Chief de Mission (CdM) timnas Indonesia di AFF Championship 2016.

Karir IB di PSSI pusat tak kalah mentereng. IB pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI (November 2016-Januari 2017). Kini, Iwan Budianto kembali menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. IB sesumbar dirinya kini hanya fokus di PSSI saja.

“Setahun terakhir, fokus di PSSI saja,” ujar IB.

Ungkap Filosofi 3C, Rahasia Karir Panjang Iwan Budianto
Cindyhttps://kompasbola.id
Dari kecil saya paling akrab sama Papa. Dan Ayah ku itu gemar sekali sama olahraga sepakbola. Jadinya ya aku sedikit banyak, tau banget lah soal sepak bola. Dan ketemu Rebecka, jadi punya ide buat bikin website berita sepak bola sendiri buat nyalurin hobi.
Berita Bola Serupa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini