Suporter Persipura Berikan Saran kepada PT LIB

Suporter Persipura Berikan Saran kepada PT LIB

The Karaka’s turut berkomentar atas keputusan melanjutkan Liga 1. Suporter Persipura Jayapura tersebut meminta PT LIB untuk meyakinkan seluruh kontestan. Sehingga seluruh klub Liga 1 bersedia turun alam lanjutan kompetisi.

Sebelumnya, PT LIB mengumumkan lanjutan kompetisi dugelar 1 Oktober mendatang. Namun, ada beberapa klub yang mengaku keberatan dengan keputusan tersebut. Belum optimalnya penanganan Covid-19 menjadi dalih klub menolak lanjutan kompetisi.

Menanggapi permasalahan tersebut, the Karaka’s menyampaikan masukannya kepada PT LIB. Selaku operator, PT LIB diminta untuk melakukan tindakan persuasif. Operator diharapkan mampu menjawab keraguan yang telah disampaikan klub.

Pesan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal the Karaka’s, Yudha Noya. Ia meminta PT LIB agar memastikan lanjutan kompetisi digelar sesuai dengan protokol kesehatan. Panduan kesehatan tersebut harus sesuai dengan standar FIFA dan Gugus Tugas Covid-19.

“PT LIB harus bisa menjawab kekhawatiran klub. Mereka menolak karena lanjutan kompetisi dijalankan di tengah pandemi,” ujar Yudha Noya.

“Harus ada sebuah protap yang mengatur pelaksanaan teknisnya. Selain itu, harus dibuat regulasi baru sesuai standar FIFA dan Gugus Tugas Covid-19,” imbuhnya.

Harus Ada Sosialisasi Protokol Kesehatan

Yudha Noya juga menyarankan agar ada agenda sosialisasi protokol kesehatan. Menurutnya, seluruh stakeholder harus menyampaikan panduan kesehatan kepada klub. Hal ini penting untuk menjawab keraguan semua petinggi klub.

Selain itu, PT LIB harus memberikan jaminan kemanan kepada klub. Jaminan ini menyangkut tindakan antisipatif jika ada kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga semuanya menjadi jelas dan tidak ada yang disembunyikan.

Suporter Persipura Berikan Saran kepada PT LIB

“Bila ada pemain yang terpapar Covid-19, seperti apa penanganannya. Apakah menjadi tanggung jawab operator, atau ditanggung klub,” ucap Yudha Noya.

Protokol kesehatan tersebut harus diawasi dengan ketat pelaksanaan teknisnya. Baik saat diterapkan dalam latihan, atau saat pertandingan. Dengan demikian, seluruh potensi munculnya klaster baru penularan Covid-19 bisa diminimalisir.

Minta Kepastian Izin

Pesan yang sama juga telah disampaikan manajemen Persipura Jayapura. Manajemen meminta adanya surat rekomendasi atau izin dari pemerintah. Hal ini disampikan oleh Sekretaris Persipura, Rocky Babena. Menurutnya, melanjutkan kompetisi di tengah pandemi tidak cukup bermodalkan Surat Keputusan (SK).

“Kalau tidak ada jaminan dari Gugus Tugas Covid-19, ya percuma. Jika lampu hijau sudah diberikan, baru kami bisa lakukan persiapan,” ujar Rocky Babena.

Persipura memang masih adem ayem dalam menyambut lanjutan Liga. Kini, Manajemen masih fokus memantau persiapan PSSI dan PT LIB.

Suporter Persipura Berikan Saran kepada PT LIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top