Save Our Soccer Minta Pemerintah Perhatikan Sepak Bola

Save Our Soccer Minta Pemerintah Perhatikan Sepak Bola

Pemerintah berencana memberikan sejumlah stimulus kala memberlakukan kelaziman baru. Save Our Soccer menilai dunia sepak bola juga perlu mendapatkan stimulus tersebut. Sebab, industri sepak bola hancur lebur saat Covid-19 melanda Indonesia.

Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali menilai sepak bola Indonesia butuh uluruan tangan pemerintah. Bantuan pemerintah tersebut dibutuhkan untuk kembali mengangkat kemampuan finansial. Absennya kompetisi membuat kran pendapatan klub sepak bola tersendat.

Kini, menyongsong kelaziman baru, sepak bola Indonesia kembali bergeliat. Untuk itu, Akmal Marhali berharap pemerintah memperhatikan hal tersebut. Ia menilai bahwa sepak bola mampu mengembalikan kondisi psikologis masyarakat.

“Covid-19 adalah momentum menyongsong era baru sepak bola Indonesia. Bila sektor budaya mendapatkan stimulus, sepak bola juga perlu dikasih perhatian,” ujar Akmal Marhali.

Menurut Akmal, sepak bola memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Sepak bola mampu mengangkat kondisi ekonomi masyarakat di sekitarnya. Manfaat adanya gelaran sepak bola bisa dirasakan banyak pihak.

“Sepak bola itu melibatkan banyak sektor. Mulai dari ekonomi, sosial, hingga budaya. Level mikro hingga makro. Untuk rakyat jelata hingga kalangan berada,” kata pria yang juga mantan jurnalis tersebut.

Kemudahan Rapid Test

Pentingnya sepak bola dalam mengangkat kondisi masyarakat harus mendapatkan dukungan. Pemerintah bisa mewujudkannya melalui beberapa instrumen. Menurut Akmal, pemerintah bisa memberikan kemudahan klub untuk melakukan rapid test.

Save Our Soccer Minta Pemerintah Perhatikan Sepak Bola

Rapid test ini merupakan unsur penting andai liga dilanjutkan. Setiap klub wajib menggelar rapid test bagi seluruh komponen tim. Namun, keluhan terkait mahalnya biaya rapid test juga santer terdengar.

Untuk mengurangi beban klub, Akmal berharap pemerintah ikut turun tangan. Ia menilai pemerintah harus menunjukkan bukti bahwa sepak bola Indonesia telah bangkit. Sebab, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

“Kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Kita akan mendapatkan sorotan masyarakat dunia. Ini bisa jadi momentum yang baik untuk pemerintah. Ia bisa menunjukkan bahwa sepak bola telah bangkit usai dihajar Covid-19,” ucap Akmal.

Inginkan Perubahan Fundamental

Akmal juga menginginkan seluruh stakeholder sepak bola untuk introspeksi. Usai Covid-19, ia berharap ada perubahan mendasar pada sepak bola Indonesia. Ia mengingkan tata kelola yang sehat, profesional, dan bermartabat.

“Semua elemen harus mengambil hikmah usai pandemi Covid-19. Sepak bola Indonesia harus lebih disiplin. Perlu komitmen semua pihak bahwa football is our hope, not our job (sepak bola adalah harapan kita, bukan proyek kita),” pungkas Akmal.

Save Our Soccer Minta Pemerintah Perhatikan Sepak Bola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top