Resmi! Liga Indonesia Digelar Mulai Bulan September

Resmi! Liga Indonesia Digelar Mulai Bulan September

PSSI secara resmi telah memutuskan bahwa liga akan dilanjutkan. Berdasarkan hasil rapat Exco, Liga 1 dan Liga 2 digeber mulai bulan September. Seluruh klub telah sepakat untuk melanjutkan jalannya kompetisi.

Keputusan ini diambil melalui rapat yang digelar secara virtual. Rapat anggota Expo tersebut digelar pada hari Kamis (18/6). Rencana rapat ini sebetulnya hendak dilaksanakan sejak 13 Juni lalu.

Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya, hasil ini diputuskan berdasarkan komunikasi antara PSSI dengan klub. Seperti diketahui, pihak federasi memang sempat mengadakan audiensi dengan perwakilan klub.

“Setelah liga ditangguhkan, kami terus melakukan komunikasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka setuju bahwa kompetisi harus tetap dilanjutkan. Makanya, kami bawa ke rapat Exco. Dengan ini, PSSI memutuskan untuk melanjutkan liga,” ujar Mochamad Iriawan dalam laman resmi PSSI.

Jalin Komunikasi dengan Banyak Pihak

Keputusan resmi ini tentu telah ditunggu oleh banyak pihak. Sebab, PSSI memang telah menjalin komunikasi dengan berbagai elemen. Hal ini bertujuan untuk menjaring informasi dan saran dari semua pihak.

Sebelumnya, PSSI telah mengadakan rapat virtual dengan klub. Pada rapat pertama, PSSI mengndang perwakilan klub Liga 1. Berikutnya, PSSI menggelar rapat bersama 24 perwakilan tim Liga 2.  Pihak federasi meminta pandangan perwakilan klub terkait kemungkinan melanjutkan liga.

Resmi! Liga Indonesia Digelar Mulai Bulan September

Selain dengan klub, PSSI juga telah meminta pandangan dari pihak lain. Mulai dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), hingga Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI). Seluruh masukan dari berbagai pihak ini dijadikan sebagai bahan pertimbanagan oleh PSSI.

Bakal Menerapkan Protokol Kesehatan

Bahkan, PSSI juga menjalin komunikasi dengan instansi pemerintah. Mulai dari Kemenpora, Kemenkes, hingga tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19. Semuanya diajak bicara terkait wacana lanjutan kompetisi ini. Hasilnya, lanjutan kompetisi bisa diselenggarakan asal menerapkan protokol kesehatan.

PSSI kemudian menyetujui persyaratan tentang panduan kesehatan tersebut. Hal ini dipastikan oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Menurutnya, PT LIB juga bersedia untuk menyiapkan rencana teknis penerapan panduan kesehatan.

“Tentu lanjutan liga bakal memperhatikan protokol kesehatan. PT LIB juga telah memaparkan rencana teknis lanjutan kompetisi. Mulai dari Liga 1, hingga Liga 2. Dan juga tanggal mulai kompetisi hingga berkahirnya kompetisi,” ujar Yunus Nusi memaparkan.

PSSI juga telah mengedarkan protokol kesehatan untuk menggelar pertandingan. Namun, belum ada sosialisasi resmi yang dilakukan oleh federasi.

Resmi! Liga Indonesia Digelar Mulai Bulan September

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top