RD Tetap Tangani Madura United Meski Jadi Politisi

RD Tetap Tangani Madura United Meski Jadi Politisi

Keputusan mengejutkan diambil pelatih Madura United, Rahmad Darmawan. Meski demikian, ia mengaku akan tetap menahkodai Laskar Sapeh Kerrab. Tak pelak, keputusan mengejutkan mantan pelatih Tira Persikabo inipun dikomentari petinggi klub.

Seperti diketahui, Rahmad Darmawan telah bergabung dengan Partai Demokrat, Selasa (14/7) lalu. Ia santer dikabarkan bakal melenggang sebagai calon Wakil Bupati Lampung Tengah. Tahun ini, Lampung Tengah memang bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Namun, Rahmad menyatakan bahwa hal tersebut bukanlah alasan utamanya. Ia mengungkapkan tujuannya adalah untuk memperbaiki sepak bola Indonesia melalui jalur politik. Lebih lanjut, ia juga tetap berkomitmen untuk melatih Madura United.

“Alasan utamanya, saya ingin politik untuk sepak bola. Jadi, bukan malah sebaliknya. Saya juga masih tetap akan menjadi pelatih Madura United,” tandas RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan.

Ditanggapi Achsanul Qosasi

Keputusan mengejutkan RD pun ditanggapi Presiden Madura, Achsanul Qosasi. Menurutnya, ia tidak mempermasalahkan pilihan RD masuk ke politik. Sebab, hak berpolitik merupakan hak semua warga negara Indonesia.

“Masuk sebagai kader partai politik jangan dianggap berpoltik. RD masuk sebagai kader partai, bukan sebagai pengurus,” tulis Achsanul Qosasi dalam unggahan di akun instagram pribadinya.

“Bagi siapapun, menjadi kader partai politik bukanlah sebuah profesi. Merupakan hanya saluran aspirasi semata,” lanjut anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tersebut.

Achsanul Qosasi juga tidak memberikan masukan apapun atas preferensi politik RD. Seperti diketahui, ia merupakan pernah bergabung dengan Partai Demokrat. Namun, ia mengaku tidak membicarakan urusan politik dengan RD.

RD Tetap Tangani Madura United Meski Jadi Politisi

“Saya sudah mudur dari Partai Demokrat sejak 2014 lalu. Saya tidak pernah membicarakan politik dengan RD. Sebab, kita sadar bahwa sepak bola bukan tempat yang baik untuk berpolitik,” tutur Achsanul.

Hormati Keputusan RD

Lebih lanjut, Achsanul menghormati setiap keputusan yang diambil RD. Ia juga menegaskan bahwa RD tidak akan meninggalkan Madura United. Paling tidak, RD akan tetap di Madura hingga kontraknya berakhir.

“Kita hormati keputusan RD. Beliau akan tetap sebagai pelatih Madura United. Paling tidak, hingga kontraknya berakhir dua musim ke depan,” tegas Achsanul.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Direktur Madura United, Haruna Soemitro. Ia juga menghormati keputusan sang pelatih. Ia hanya berpesan agar RD menjalankan urusan klub dan politik secara beriringan.

“Ya itu hak dia mau gimana. Termasuk berkari di politik. Mungkin lebih dibutuhkan dan terpanggil untuk mengabdi melalui politik,” ujar Haruna Soemitro.

RD Tetap Tangani Madura United Meski Jadi Politisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top