PT LIB Jelaskan Homebase Kontestan dalam Lanjutan Liga 1

PT LIB Jelaskan Homebase Kontestan dalam Lanjutan Liga 1

PT LIB memberikan penjelasan terkait homebase kontestan Liga 1. Seluruh kontestan asal luar Jawa bakal dikonsentrasikan di Yogyakarta. Sedangkan klub asal Pulau Jawa bisa tetap bermarkas di kandangnya masing-masing.

Wacana Liga 1 bakal dipusatkan di Pulau Jawa semakin nyata. Hal ini terlihat dari pernyataan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno. Ia menyampaikan kepastian venue pertandingan lanjutan Liga 1 2020.

Hal ini disampaikan Sudjarno usai rapat bersama PSSI, Kamis (9/7). Rapat ini digelar di kantor PT LIB, Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Dalam rapat tersebut, turut dibahas persoalan terkait lokasi pertandingan. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti wacana laga yang dipusatkan di Pulau Jawa.

Menurut Sudjarno, PT LIB akan mengirimkan surat kepada peserta Liga 1. Surat ini bertujuan untuk meminta kepastian homebase yang akan mereka gunakan.

“Kami sirkuler ke seluruh klub. Kami akan sampaikan surat ini dalam waktu dekat. Kami akan kirimkan surat setelah (rapat) ini. Kami berharap bisa meminta kepastian terkait homebase mereka (klub Liga 1),” ujar Sudjarno.

Klub Luar Jawa Bermarkas di Yogyakarta

Sudjarno juga memastikan kebenaran isu yang selama ini beredar. Ia menyebutkan bahwa klub asal luar Jawa akan ditempatkan di Yogyakarta. Selain itu, Jawa Tengah juga disiapkan sebagai opsi pengganti Yogyakarta.

“Kalau dari luar Jawa kan sudah dikonsentrasikan di Jogja atau Jawa Tengah. Ya begitu rencananya bagi klub dari luar Jawa,” ungkap Sudjarno.

PT LIB Jelaskan Homebase Kontestan dalam Lanjutan Liga 1

Di Liga 1 2020, terdapat enam tim asal luar Jawa. Mereka adalah Persiraja Banda Aceh, Borneo FC, Barito Putera, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Bali United. Keenam klub ini bakal berpindah markas dalam lanjutan kompetisi.

“Ya klub itu mulai PSM, Persipura, Persiraja, Borneo, Barito Putera, dan Bali United, akomodasinya di Jogja dan sekitarnyalah,” ucap Sudjarno.

Daerah Zona Merah juga Pindah Markas

Sementara itu, klub asal Jawa dapat menggunakan markas masing-masing. Namun, ada pengecualian bagi daerah terdampak Covid-19, seperti Surabaya. Klub yang daerahnya masuk zona merah, akan berpindah markas untuk sementara waktu.

“Kesebelasan yang di Jawa, mereka bisa menentukan markasnya sendiri. Namun, kemungkinan masih ada yang pindah. Misalnya karena kondisi pandemi yang masih tinggi. Mereka masih bisa menentukan (markasnya). Nanti kami akan sirkuler ke klub-klub itu,” tutur Sudjarno.

Memang belum ada kepastian dari PSSI dan PT LIB terkait venue pertandingan. Namun, pernyataan Sudjarno ini telah menjawab spekulasi mengenai lokasi pertandingan.

PT LIB Jelaskan Homebase Kontestan dalam Lanjutan Liga 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top