PT LIB Berencana Gelar Liga 1 pada Bulan Oktober Mendatang

PT LIB Berencana Gelar Liga 1 pada Bulan Oktober Mendatang

Perhelatan Liga 1 resmi bakal dilanjutkan kembali. Sebagai operator, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah memikirkan pelaksaan teknis rencana tersebut. Liga 1 rencananya akan digelar mulai bulan Oktober mendatang.

PSSI secara resmi telah memutuskan nasib kompetisi. Berdasarkan hasil rapat Exco PSSI, Liga 1 dan Liga 2 dipastikan kembali berlanjut. Namun, belum diketahui kapan jadwal resmi kompetisi mulai digeber.

Pelaksanaan teknis kompetisi merupakan ranah operator kompetisi, yakni PT LIB. Direktur operasional PT LIB, Sudjarno, menyatakan bahwa liga digelar pada bulan Oktober.

Menurut Sudjarno, awal Oktober merupakan waktu yang tepat. Sebab, butuh waktu bagi klub untuk melakukan persiapan. Hingga kini, banyak klub yang juga belum menggelar latihan. Untuk itu, perlu adanya jeda waktu untuk mematangkan persiapan.

“Jadi, lebih condong dimulai pada awal Oktober. Untuk mempersiapkannya batuh waktu kan. Klub butuh waktu untuk mempersiapkan diri,” ujar Sudjarno.

“Memanggil pemain itu juga butuh waktu. Setidaknya, butuh waktu dua bulan untuk itu,” imbuh mantan Kapolda Lampung ini.

Bakal Lanjutkan Pekan Pertandingan

Sudjarno juga memberikan sedikit informasi terkait teknis lanjutan kompetisi. Ia mengatakan bahwa nantinya Liga 1 2020 tidak direset. Artinya, pertandingan akan dilanjutkan mulai pekan keempat.

Sebelumnya, Liga 1 2020 terpaksa ditangguhkan akibat mewabahnya Covid-19. Saat itu, liga masih memainkan tiga pekan pertandingan. Jika nanti dilanjtukan, maka akan melanjutkan pekan yang sudah berjalan tersebut.

PT LIB Berencana Gelar Liga 1 pada Bulan Oktober Mendatang

“Kalau formatnya, kami rencananya akan melanjutkan pekan yang sudah berjalan. Yakni Liga 1 2020 akan dimulai dengan week 4 hingga week 34. Itu yang saat ini kami rencanakan,” ungkap Sudjarno.

Kemungkinan Sepakati Home Tournament

Lebih lanjut, Sudjarno juga mengomentari wacana home tournament. Menurutnya, format tersebut mungkin dilaksanakan untuk adaptasi dengan kodisi terkini. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dilontarkan Ketum PSSI.

Artinya, kemungkinan Liga 1 2020 bakal dipusatkan di pulau Jawa. Tim yang berasal dari luar jawa bakal bermarkas di Yogyakarta. Sementara tim lainnya tetap akan bermarkas di kota masing-masing.

“Kami juga akan menyesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang. Hal ini sesuai dengan rilis yang disampaikan PSSI itu,” tutur Sudjarno.

Hal-hal yang disampaikan Sudjarno tersebut masih sebatas wacana. Belum ada format resmi yang disampaikan PSSI dan PT LIB. Selain wacana di atas, lanjutan liga juga bakal digelar tanpa format degradasi. Namun, dua klub terbaik Liga 2 kabarnya tetap akan promosi ke Liga 1.

PT LIB Berencana Gelar Liga 1 pada Bulan Oktober Mendatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top