PSSI Keluarkan Regulasi Terkait Kontrak Baru Pemain

PSSI Keluarkan Regulasi Terkait Kontrak Baru Pemain

Setelah mendapatkan tekanan, PSSI resmi mengeluarkan regulasi renegosiasi kontrak pemain. Federasi menetapkan besaran potongan gaji pemain dalam peraturan tersebut. Selain itu, PSSI juga menetapkan batas minimum gaji pemain.

PSSI resmi mengeluarkan surat keputusan terkait lanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa, Minggu (28/6). Dalam surat bernomor SKEP/53/VI/2020 tersebut, terdapat peraturan mengenai kontrak baru pemain.

PSSI menetapkan batas besaran potongan gaji bagi pemain sepak bola. Bagi pemain Liga 1, diperbolehkan memotong gaji sebesar 50 persen. Sementara untuk Liga 2, ditetapkan potongan gaji sebesar 60 persen. Peraturan ini diatur dalam poin ketiga surat yang ditandatangani Mochamad Iriawan ini.

“Apabila kompetisi telah efektif dapat dimulai, maka klub Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan kesepakatan ulang bersama pemain dan pelatih,” bunyi surat tersebut.

“Perubahan nilai kontrak untuk Liga 1 kisaran 50 persen. Dan Liga 2 dengan kisaran 60 persen dari nilai kontrak,” bunyi lanjutan dalam surat tersebut.

Gaji Minimum Sesuai UMR

Selain potongan gaji, PSSI juga menetapkan batas bawah gaji pemain. Pihak klub diwajibkan membayar gaji pemain minimal sesuai standar UMR masing-masing domisili klub. Peraturan ini bermaksud untuk membatasi klub agar tidak sewenang-wenang dalam melakukan rengosiasi kontrak.

Sebelumnya, pesan ini disampaikan oleh Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI). APPI mengkahwatirkan potongan gaji ini dapat merugikan pemain. Sebab, dengan potongan 60 persen, gaji pemain Liga 2 berpotensi berada di bawah UMR.

PSSI Keluarkan Regulasi Terkait Kontrak Baru Pemain

Lebih lanjut, dalam regulasi tersebut juga ditetapkan masa berlakunya. Peraturan ini wajib dijalankan satu bulan sebelum lanjutan liga dimulai. Artinya, pada bulan September, permasalahan renegosiasi kontrak ini harus sudah diselesaikan.

“(Penyesuaian gaji) sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional yang berlaku masing-masing klub. Regulasi ini akan berlaku satu bulan sebelum kompetisi dimulai sampai dengan berakhirnya kompetisi,” bunyi surat itu lagi.

Perbolehkan Pakai Regulasi Lama

Sebelum waktu yang ditetapkan, PSSI memperbolehkan klub menggunakan kontrak lama. Yakni, mengikuti peraturan PSSI yang memperbolehkan menggaji pemain sebesar 25 persen nilai kontrak.

“Apabila telah terjadi perubahan kesepakatan baru akibat keadaan kahar terkait pandemi Covid-19, antara para pihak sebelum tanggal berlakunya surat keputusan ini, maka atas kesepakatan para pihak, kontrak tersebut tetap berlaku,” bunyi dalam surat keputusan tersebut.

Sebelumnya, PSSI telah menetapkan peraturan tentang penyesuaian gaji pemain pada Maret lalu. Pihak klub diperbolehkan untuk menggaji pemain sebesar 25 persen nilai kontrak. Regulasi ini awalnya hanya diberlakukan hingga bulan Juni saja.

PSSI Keluarkan Regulasi Terkait Kontrak Baru Pemain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top