PSSI Ajak Diskusi Empat Klub yang Tolak Lanjutan Liga 1

PSSI Ajak Diskusi Empat Klub yang Tolak Lanjutan Liga 1

Kepastian bakal dilanjutkannya Liga 1 mendapatkan reaksi yang berbeda. Ada beberapa klub yang menolak mengikuti lanjutan pertandingan liga. Alih-alih menetapkan sanksi, PSSI justru berencana mengajak bicara perwakilan klub. Federasi berharap klub berubah pikiran dan berpartisipasi di Liga 1 2020.

PSSI secara resmi memutuskan liga Indonesia bakal kembali dilanjutkan. Rencananya, Liga 1, 2, dan 3 bakal digelar bulan Oktober mendatang. Hal ini tertera dalam Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 yang beredar sejak Minggu (28/6) lalu.

Namun, keputusan ini ternyata mendapat penolakan dari beberapa klub. Ada empat klub yang terang-terangan menolak mengikuti lanjutan kompetisi. Keempatnya adalah Persebaya Surabaya, Barito Putera, Persik Kediri, dan Persita Tangerang.

Keempatnya menolak dengan alasan mengutamakan keselamatan seluruh elemen klub. Mereka menilai penanganan kasus Covid-19 belum sepenuhnya tuntas. Grafik kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat.

Tak Ingin Gegabah

Menanggapi penolakan tersebut, PSSI tidak mau bertindak gegabah. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku ingin berdiskusi dengan perwakilan klub. Komunikasi ini mutlak diperlukan sebelum federasi mengambil sebuah kebijakan.

Lebih lanjut, Iriawan mengaku belum ada pembahasan terkait sanksi. Ia juga berkata bahwa tidak mungkin pihaknya memberikan sanksi. Pasalnya, lanjutan kompetisi ini juga meniadakan sistem degradasi.

“Belum ada pembahasan sampai ke sana (sanksi). Jadi, bukan dipanggil istilahnya. Diskusi saja, kan mereka semua teman juga,” ujar Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan.

PSSI Ajak Diskusi Empat Klub yang Tolak Lanjutan Liga 1

“Kami masih akan mendiskusikan lebih lanjut. Saya kira tidak akan ada sanksi. Degradasi aja tidak ada, apalagi sanksi,” imbuh pria berusia 58 tahun tersebut.

Berusaha Menyakinkan Klub

Kemudian, Iwan Bule juga mengaku akan menggunakan pendekatan persuasif. Ia akan berusaha meyakinkan klub agar bersedia merubah keputusannya. Purnawirawan jenderal polisi ini juga yakin nantinya klub akan berubah pikiran.

Iwan mengaku cukup optimis usahanya tersebut akan berbuah manis. Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut juga memiliki waktu yang cukup. Masih ada tiga bulan untuk membujuk agar seluruh klub berada dalam satu persepsi.

“Namanya situasi kan pasti ada saja. Pelan-pelan saja, masih ada tiga bulan lagi. Kami akan melakukan komunikasi agar nanti bisa satu persepsi,” ungkap Iwan.

Namun, Iwan juga tidak lantas memaksakan kehendak pribadinya. Ia akan menghormati seluruh keputusan yang diambil masing-masing klub.

“Nanti, pokoknya kami akan melakukan diskusi terlebih dulu. Yang jelas, enggak masalah. Namanya perbedaan pendapat, ya wajar lah,” pungkas Iwan.

PSSI Ajak Diskusi Empat Klub yang Tolak Lanjutan Liga 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top