Proses Naturalisasi Lancar, Marc Klok Segera Perkuat Timnas

Proses Naturalisasi Lancar, Marc Klok Segera Perkuat Timnas

Upaya naturalisasi Mark Anthony Klok telah memasuki tahap akhir. Kabarnya, proses naturalisasi gelandang Persija ini telah rampung di DPR RI. Kini, berkasnya terus didorong agar segera disetujui Presiden RI, Joko Widodo. Jika prosesnya rampung, ia bisa segera memperkuat timnas Indonesia.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Marc Klok sendiri. Ia menyampaikannya dalam sebuah kesempatan wawancara bersama Persija TV. Ia juga mengaku sudah tidak sabar untuk segera menggenggam status WNI.

Saat ini, proses naturalisasi Marc Klok sudah berada di DPR. Gelandang kelahiran Amsterdam ini tinggal menyelesaikan beberapa persyaratan administrasi.

“Prosesnya saat ini sudah ada di DPR. Sebelum sah menjadi WNI, saya harus menyelesaikan administrasi di DPR,” ujar Marc Klok.

Usai proses di DPR rampung, Marc Klok akan masuk ke tahap berikutnya. Ia harus mengucapkan sumpah, dan menyanyikan lagu kebangsaan. Selain itu, ia harus menghafalkan lima sila dalam Pancasila.

“Lalu saya akan disumpah, menyanyikan lagu kebangsaan (Indonesia Raya), dan menghafalkan Pancasila,” ungkap eks pemain PSM Makassar ini.

Sempat Tertunda

Marc Klok telah mengajukan proses naturalisasinya sejak tahun 2019. Saat itu, ia masih membela PSM Makassar. Namun, saat itu, prosesnya sempat mangkrak. Sehingga beberapa kali prosesnya terpaksa ditangguhkan.

Penundaan proses naturalisasi tersebut 2019 merupakan tahun politik. Pemilihan anggota DPR dan Presiden RI membuat prosesnya membeku. Kemudian, adanya pergantian menteri di kabinet membuat administrasinya terhenti di Kemenpora.

Proses Naturalisasi Lancar, Marc Klok Segera Perkuat Timnas

Kini, meski terganggu wabah Covid-19, prosesnya telah memasuki tahap akhir. Marc Klok berharap agar prosesnya segera rampung dan tidak tertunda lagi. Setelah rampung di DPR, ia berharap keinginannya segera disetujui Presiden.

“Setelah di DPR, tinggal menunggu persetujuan Presiden. Setelah itu saya rasa prosesnya telah selesai. Saya akan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI),” ucap Klok.

Dinanti Agenda Timnas Indonesia

Jika prosesnya rampung, Marc Klok bisa segera memperkuat timnas Indonesia. Bergabungnya Klok tentu bakal menambah kekuatan lini tengah timnas. Sebagaimana diketahui, banyak agenda tengah menanti timnas Indonesia.

Timnas Indonesia harus menyelesaikan fase kualifikasi Pra Piala Dunia 2022. Indonesia masih menyisakan tiga laga di fase ini. Meskipun dipastikan tersingkir, namun PSSI masih menargetkan raihan maksimal. Timnas dibebani target untuk bisa memperbaiki ranking FIFA.

Selain itu, agenda lain yang menunggu timnas adalah Piala AFF 2020. Agenda akbar di kawasan Asia Tenggara ini sedianya bakal digelar akhir tahun 2020.

Proses Naturalisasi Lancar, Marc Klok Segera Perkuat Timnas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top