Persipura Jayapura Sikapi Isu Lanjutan Liga 1 2020

Persipura Jayapura Sikapi Isu Lanjutan Liga 1 2020

Persipura Jayapura memilih bungkam dalam rapat virtual bersama PSSI. Mengenai lanjutan Liga 1, tim Mutiara Hitam mengaku belum memiliki pandangan. Namun, manajemen kini telah menyatakan sikap terkait nasib kompetisi. Persipura menilai lanjutan liga di tengah pandemi terkesan dipaksakan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Sekretaris Tim Persipura, Rocky Babena. Menurutnya, pandemi Covid-19 masih menyimpan bahaya yang cukup besar. Di Indonesia, penanganan wabah virus Corona belum sepenuhnya berhasil.

Bahkan, di beberapa daerah, angka positif Covid-19 relatif meningkat. Pertimbangan ini yang menjadi dasar manajemen Persipura dalam bersikap. Menurut Rocky Babena, kickoff lanjutan Liga 1 sebaiknya ditunda.

“Kami tahu pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga reda. Bahkan, di beberapa daerah angkanya relatif mengalami peningkatan,” ujar Rocky Babena.

Rocky Babena menilai tawaran untuk melanjutkan kompetisi tersebut sangat riskan. Apalagi, Indonesia juga belum menunjukkan penurunan kurva statistik Covid-19. Sehingga memaksa liga dilanjutkan akan sangat rawan dan berisiko.

“Rencana PSSI melanjutkan Liga 1 di bulan September itu rawan. Hal ini cukup berisiko apabila dipaksakan untuk dilanjutkan,” imbuhnya.

Minta Perhatikan Protokol Kesehatan

Persipura juga meminta agar semua pihak memperhatikan protokol kesehatan. PSSI dan PT LIB harus benar-benar detail dalam menerapkan panduan tersebut.

Lebih lanjut, Persipura menanyakan bagaimana tanggung jawab dari federasi. Sebab, penularan virus Corona bisa saja terjadi usai pertadingan digelar. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian serius bagi pengambil kebijakan.

Persipura Jayapura Sikapi Isu Lanjutan Liga 1 2020

“Nanti kalau ada pemain, ofisial, yang usai pertandingan positif, bagiamana? Bagaimana prosedurnya nanti?” tutur Rocky.

Persipura meminta antisipasi terkait kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan tersebut. Sebab, jika hal itu terjadi, klub akan kehilangan pemain. Pasalnya, pemain yang terjangkit virus Corona harus menjalani karantina. Menurut Rocky, kemungkinan ini tak bisa dilupakan begitu saja.

Minta Jaminan Kesehatan

Lebih lanjut, resiko tersebut tentu harus menjadi bahan pertimbangan. Manajemen Persipura meminta agar seluruh elemen klub diberikan jaminan kesehatan. Apalagi, kabarnya liga bakal dipusatkan di pulau Jawa. Padahal Jawa merupakan episentrum penularan virus Corona di Indonesia.

“Operator dan federasi harus bertangggungjawab. Harus ada jaminan kesehatan bagi pemain dan seluruh elemen tim,” ujar Rocky menegaskan.

Jaminan kesehatan tersebut harus dituangkan dalam sebuah regulasi baru. Sebab, hal tersebut belum termaktub dalam panduan kesehatan yang beredar sebelumnya.

“Mereka harus menyiapkan regulasi tersebut dengan matang. Harus ada regulasi kompetisi dalam tatanan baru atau new normal dan protokol kesehatan yang baru,” pungkasnya.

Persipura Jayapura Sikapi Isu Lanjutan Liga 1 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top