Persib Bandung Bakal Jalankan Latihan Tanpa Kontak Fisik

Persib Bandung Bakal Jalankan Latihan Tanpa Kontak Fisik

Persib Bandung terus melakukan kajian guna menyongsong lanjutan liga. Sang pelatih, Robert Rene Albert juga telah menyusun program latihan. Rencananya, latihan tersebut bakal digelar dengan meminimalisir kontak pemain.

Liga 1 2020 kemungkinan bakal digelar kembali September mendatang. Hal ini membuat tim-tim bergegas untuk segara melakukan persiapan. Latihan mandiri di rumah masing-masing dianggap sudah tidak efektif.

Mengantisipasi problem tersebut, Persib berencana untuk segera menggelar latihan bersama. Namun, ada protokol kesehatan yang harus diperhatikan Maung Bandung. Mulai dari cek kesehatan pemain, hingga menerapkan physical distancing.

Hal ini segera dikaji oleh sang pelatih, Robert Rene Albert. Pelatih asal Belanda tersebut mengaku telah mendapatkan formula latihan yang ideal. Ia juga mengadopsi panduan kesehatan PSSI dalam pembuatan program latihan.

Robert juga memaparkan beberapa hal yang akan menjadi fokus utamanya. Yang pertama adalah fokus mengembalikan kualitas sentuhan pemain. Menurutnya, kemampuan pergerakan pemain tentu berubah sejak latihan mandiri diterapkan.

“Pergerakan di lapangan dengan bola. Itu belum bisa kita bangun karena belum latihan bersama,” ujar Robert Rene Alberts sebagaimana dikutib laman resmi klub.

Gelar Latihan Tanpa Kontak Fisik

Robert juga mengaku tak sabar untuk segera menggelar latihan. Ia akan membagi pemain dalam beberapa kelompok. Sehingga latihan bisa digelar dengan meminimalisir kontak fisik antar pemain.

“Jika sudah memungkinkan, kami bisa memulainya dengan membagi kelompok pemain. Kami bisa tetap bermain tanpa kontak pemain untuk menjaga ball feeling,” ujar eks pelatih PSM Makassar ini.

Persib Bandung Bakal Jalankan Latihan Tanpa Kontak Fisik

Hal ini Robert lakukan sesuai dengan panduan kesehatan PSSI. Ia juga telah melihat bagaimana sistem latihan tim Eropa.

“Panduan kesehatan yang disampaikan PSSI juga dilakukan di negara lain. Tentunya kita harus mengutamakan kesehatan,” ujar Robert.

Untuk saat ini, pemain Persib masih melakukan latihan mandiri. Namun, Robert meminta pemainnya memanfaatkan instrumen yang ada. Seperti halaman rumah, atau lapangan di sekitar rumah. Hal ini bertujuan untuk terus menjaga kualitas sentuhan pemain.

“Kami masih latihan dari rumah. Pemain juga diminta memanfaatkan halaman rumah untuk berlatih dengan bola,” kata pelatih berpaspor Belanda ini.

Bakal Gelar Swab Test

Sebelum latihan digelar, Persib juga berencana menggelar swab test. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan seluruh pemain. Swab test dipilih karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Persib, Teddy Tjahjono.

“Harus tes, pasti begitu. Begitu mereka berkumpul, yang pertama dilakukan adalah tes PCR. Bukan rapid test lagi, swab test yang hasilnya pasti” ujar Teddy.

Persib Bandung Bakal Jalankan Latihan Tanpa Kontak Fisik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top