Pemain Keturunan untuk Timnas U19 Masih Dirahasiakan

Pemain Keturunan untuk Timnas U19 Masih Dirahasiakan

Shin Tae-yong sedang menunggu tujuh pemain keturunan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia U19. Tapi ketujuh nama itu masih dirahasiakan oleh PSSI.

Dua pemain keturunan Jerman-Indonesia, yakni Kelana Mahessa dan Luah Mahessa sebelumnya sudah dipanggil Tae-yong untuk berlatih dan bertanding di Kroasia. Kakak-beradik itu juga sudah mendapatkan kesempatan bermain membela Skuad Garuda Muda.

Shin Tae-yong juga sebelumnya sudah memberikan kesempatan kepada Elkan Baggott dan Jack Brown untuk unjuk gigi di Kroasia. Keduanya merupakan pemain keturunan Indonesia-Inggris.

“Mungkin ada salah informasi, bukan tujuh, tapi sembilan. Dua pemain (Kelana dan Luah) sudah dites,” kata Shin Tae-yong di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (27/10) malam WIB.

“Sisanya, belum ada jadwal yang jelas dan TC (pemusatan latihan) ke mana. Misalnya plan A ke Belanda, kami semaksimal mungkin melihat pemain, akan diputuskan menjadi warga negara Indonesia atau tidak, atau pemain itu mau tidak menjadi pemain Indonesia,” tuturnya.

Mengenai siapa saja yang dipilih, Tae-yong menyerahkan persoalan nama ke PSSI. “Kalau sudah ada keputusan menjadi pemain Indonesia, pihak PSSI akan memberikan informasi.”

“Syarat untuk dinaturalisasi, tentu harus ada darah Indonesia. Posisinya apa, sebenarnya tidak bisa disebut. Jujur saya cari untuk semua posisi,” ucapnya.

Semntara itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri sudah menyebut PSSI telah mengantongi 30 pemain keturunan. Tapi nantinya ada tahap pengecekan. “Pertama kami lihat CV, kemudian kita lempar ke legal PSSI, apakah secara undang-undang atau statuta FIFA memungkinkan,” jelas Indra Sjafri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top