BerandaLiga IndonesiaPemain Asing dengan Karir Terpanjang di Sepakbola Indonesia

Pemain Asing dengan Karir Terpanjang di Sepakbola Indonesia

Ada banyak pemain asing yang mewarnai sepak bola Indonesia. Namun, tidak banyak pemain asing yang mampu bertahan lama. Apalagi sejak era Indonesia Super League (ISL).

Mayoritas klub liga 1 tidak mengikat pemain dengan kontrak jangka panjang. Hal ini dilakukan karena beberapa alasan. Namun, yang paling umum adalah sistem evaluasi yang bersifat musiman.

Ketika performanya dinilai memuaskan, pemain akan ditawari perpanjangan kontrak. Apabila gagal di musim perdananya, pemain akan diputus kontrak. Bahkan, hal ini sering terjadi di tengah kompetisi.

Alasan lainnya adalah posisi Liga 1 yang bukan favorit di Asean. Pemain yang tampil bagus sering pindah ke klub negara tetangga.

Gempuran pemain asing baru juga menjadi ancaman lain. Harga rookie yang terhitung murah menjadi daya tarik tersendiri. Bagi tim dengan dana cekak, ini merupakan opsi yang masuk akal.

Namun, ancaman tersebut tidak berlaku bagi beberapa pemain. Nama berikut justru memiliki karir panjang di Liga Indonesia. Berikut sajiannya:

Zah Rahan (2004-2014 dan 2017-sekarang)

Nama ini tak asing lagi bagi pecinta sepak bola Indonesia. Gelandang asal Liberia ini mendarat di Indonesia sejak tahun 2004. Klub yang pertama kali dibelanya adalah Persekaba Bandung. Ia kini tercatat sebagai pemain asing terawet di Liga Indonesia.

Zah Rahan tampil cukup impresif kala membela Persekabpas Pasuruan. Pada periode 2005-2006, Ia berhasil membawa Persekabpas mencicipi babak 8 besar Liga Indonesia.

Pada tahun 2007, Zah Rahan pindah ke Sriwijaya FC. Ia membela tim asal Palembang ini selama 3 tahun. Di klub ini, gelandang lincah tersebut merasakan puncak karirnya. Ia memenangi satu gelar Liga Indonesia, dan tiga gelar Piala Indonesia.

Selanjutnya, Zah Rahan dilego ke Persipura Jayapura. Ia membela tim Mutiara Hitam dalam kurun waktu 2010-2014. Mantan pemain timnas Liberia ini menyumbangkan dua trofi bagi klub. Yakni Liga Indonesia musim 2010/2011 dan Liga Indonesia musim 2012/2013.

Sempat pindah ke Felda United pada 2014-2017, Zah Rahan kembali ke Indonesia 2018 lalu. Kali ini ia berseragam Madura United. Namun, Ia gagal bersinar akibat menderita cedera. Di Liga 1 musim 2020, Zah Rahan bergabung dengan PSS Sleman.

Total, Zah Rahan telah berkiprah di Indonesia selama 13 tahun. Ia tercatat sebagai pemain asing paling sukses.

Oh In-kyun (2010-sekarang)

10 tahun sudah dijalani Oh In-kyun di Indonesia. Pada 2010, Ia membela klub Indonesia pertamanya, PS Bengkulu.

Setelah itu, Oh In-kyun tercatat membela beberapa klub di Indonesia. Yakni PSMS Medan (2011-2012), Persela Lamongan (2012-2014), Gresik United (2016), Mitra Kukar (2017), Persib Bandung (2018), Persipura Jayapura (2019), dan Arema FC (2020).

Oh In-kyun merupakan gelandang yang cukup kreatif dan eksplosif. Ia juga mampu bermain di beberapa posisi gelandang. Hal inilah yang membuat Ia diincar banyak klub Indonesia.

Pemain Asing dengan Karir Terpanjang di Sepakbola Indonesia

Makan Konate (2012-2014, dan 2018-sekarang)

Makan Konate datang ke Indonesia pada tahun 2012. Kala itu, Ia membela PSPS Pekanbaru. Setelah itu, Ia kemudian membela Persib Bandung. Bersama Maung Bandung, Konate berhasil meraih trofi Liga Indonesia.

Kemudian, Makan Konate sempat pindah ke T-Team Malaysia pada 2015-2017. Namun, Ia kembali pada tahun 2018 untuk membela Sriwijaya FC. Saat ini, Konate berseragam Persebaya Surabaya setelah dua musim bersama Arema FC.

Rohit Chand (2012-2015, dan 2017-sekarang)

Karir Rohit Chand juga diawali dengan membela PSPS Pekanbaru. Ia satu tim dengan Makan Konate pada 2012. Kemudian, Rohit pindah ke klub Ibu kota, Persija Jakarta.

Rohit Chand sempat keluar Indonesia untuk membela T-Team Malaysia. Ia juga sempat pulang ke kampung halaman di Nepal. Di Nepal, Ia membela Manang Marshyangdi selama satu musim.

Pada 2017, Rohit Chand kembali ke Persija Jakarta. Di Liga 1 musim 2018, Ia berhasil mengantar tim Macan Kemayoran menjadi juara. Ia juga didapuk sebagai pemain terbaik kompetisi tersebut.

Pemain Asing dengan Karir Terpanjang di Sepakbola Indonesia
Cindyhttps://kompasbola.id
Dari kecil saya paling akrab sama Papa. Dan Ayah ku itu gemar sekali sama olahraga sepakbola. Jadinya ya aku sedikit banyak, tau banget lah soal sepak bola. Dan ketemu Rebecka, jadi punya ide buat bikin website berita sepak bola sendiri buat nyalurin hobi.
Berita Bola Serupa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini