Nyoman Paul Aro Pilih Bergabung dengan Timnas Indonesia

Nyoman Paul Aro Pilih Bergabung dengan Timnas Indonesia

Nama Nyoman Paul Aro tengah menjadi topik perbincangan publik. Hal ini bermula dari keinginannya untuk membela timnas Indonesia. Untuk mencapai tujuannya, ia rela melapas paspor Finlandia yang dimilikinya.

Nama Nyoman yang disandangnya memang sangat kental dengan nuansa Pulau Dewata. Ia memang lahir di Singaraja, Bali. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Bali. Sedangkan ayahnya berasal dari Finlandia.

Nyoman Paul Aro memang tumbuh dan berkembang di Bali. Namun, pada usia 16 tahun, ia mengkuti ayahnya ke Swedia. Di sana, ia kemudian mulai menekuni sepak bola.

Di Swedia, Nyoman bergabung dengan klub Skovde AIK U-19. Klub tersebut tampil di kasta kedua kompetisi liga Swedia. Namun, kini ia telah mendapatkan kontrak profesionalnya pekan lalu. Ia menjalin kontrak selama tahun dengan klub tersebut.

“Saya dulu tidak bermain sepak bola di Bali. Saya awalnya hanya bermain futsal. Waktu itu, sarana dan prasana sepak bola Bali belum memadai,” ujar Paul Aro.

“Beruntung, saya punya bapak (bekerja) di Swedia. Jadi, saya bilang ke bapak untuk berkarir di Swedia. Saya ingin belajar main bola. Saya seleksi tahun 2016 dan lolos hingga sekarang bermain di U-19,” imbuhnya.

Saat ini, Paul Aro memiliki kewarganegaraan ganda hingga usia 21 tahun. Selain memiliki, Kartu Tanda Penduduk Indonesia, ia juga memegang paspor Finlandia.

Nyoman Paul Aro Pilih Bergabung dengan Timnas Indonesia

Memilih Bergabung dengan Timnas Indonesia

Namun, kini Paul Aro sudah memutuskan untuk membela timnas Indonesia. Ia juga memiliki kesempatan besar untuk menembus skuad timnas U-20. Seperti diketahui, timnas U-20 bakal berlaga dalam Piala Dunia U-20 tahun depan.

Paul juga sudah menjalin komunikasi dengan staf kepelatihan timnas Indonesia. Ia mengaku telah dihubungi oleh asisten pelatih timnas, Nova Arianto. Namun, ia mengaku hanya dimintai data diri oleh asisten pelatih Shin Tae-yong tersebut.

Mengenai peluangnya tampil di liga Indonesia, Paul mengaku belum memikirkannya. Meski demikian, ia mengaku telah mengetahui atmosfer sepak bola nasional.

Tegaskan Bukan Pemain Naturalisasi

Lebih lanjut, Paul juga mengaskan bahwa dirinya bukan pemain naturalisasi. Menurutnya, banyak orang yang salah persepsi tentang statusnya. Kendati demikian, ia tidak mau menyalahkan orang atas pendapat tersebut.

“Saya itu orang yang jarang mengunggah sesuatu di sosial media. Tapi saya tetap memperhatikan perkembangan di media sosial. Saya melihat banyak kesalahpahaman di situ,” ujar Paul.

“Saya dibilang pemain naturalisasi. Padahal kan tidak. Saya dari kecil di Bali dan keluarga juga di Bali. Mungkin karena wajah saya bbule banget. Tapi, saya tidak menyalahkan persepsi orang mengenai saya,” pungkasnya.

Nyoman Paul Aro Pilih Bergabung dengan Timnas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top