Mantan Manajer Liverpool Gerard Houllier Meningga Dunia

Mantan Manajer Liverpool Gerard Houllier Meningga Dunia

Kabar duka datang dari Gerard Houllier. Eks manajer Liverpool itu meninggal dunia pada usia 73 tahun, Senin (14/12). Sang manajer dalam beberapa hari ke belakang memang kerap mengeluhkan sakit di jantungnya.
Bagi Liverpudlian (fans Liverpool), Houllier merupakan salah satu manajer terbaik The Reds. Ia meninggalkan jejak treble untuk Liverpool pada musim 2000/2001 dengan menggondol trofi Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA ke Kota Liverpool.
Piala UEFA 2001 menjadi salah satu laga puncak terbaik dalam sejarah sepak bola Eropa. Liverpool dan Deportivo Alaves memeragakan permainan menyerang. Keduanya ngotot untuk mendapatkan juara, dan akhirnya Liverpool yang akhirnya menang dengan skor 5-4 melalui perpanjangan waktu.
Gelar Piala UEFA 2001 menjadi lengkap setelah Houllier berhasil membawa Liverpool juara Piala Super Eropa usai menaklukkan Bayern Munchen dengan skor 3-2.
Selain identik dengan Liverpool, Houllier juga sempat berprestasi bersama Olympique Lyon. Manajer asal Perancis itu membawa Lyon dua kali juara Ligue 1 sekaligus Trophee des Champions 2005 dan 2006.
Dari gelar pribadi, Houllier juga pernah meraih Pelatih Terbaik Eropa 2001 dan Manajer Terbaik Ligue 1 2007. Selain Liverpool, Houllier juga pernah menangani Olympique Lyon, Paris Saint-Germain, Aston Villa, dan Timnas Perancis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top