Madura United Nilai Lanjutan Liga Bakal Tabrak Statuta

Madura United Nilai Lanjutan Liga Bakal Tabrak Statuta

Rencana PSSI untuk lanjutkan liga menuai kecaman Achsanul Qosasi. Presiden Madura United itu menilai lanjutan kompetisi berpotensi melanggar statuta PSSI. Ada beberapa prinsip dalam aturan tersebut yang bakal ditabrak.

Hal yang menjadi sorotan Achsanul Qosasi adalah dihapukannya degradasi. Penerapan aturan ini menurutnya berpotensi melanggar statuta PSSI. Jika benar diterapkan, musim depan akan terjadi penambahan jumlah kontestan.

“Liga 1 diputar tanpa degradasi, sedangkan Liga 2 ada promosi. Berarti, (musim depan) jumlah kontestan menjadi 20 klub. Perubahan jumlah ini akan mengubah sistem. Apakah sudah lapor kepada AFC?” tulis Achsanul Qosasi di akun instagramnya.

Lebih lanjut, Achsanul Qosasi mengatakan bahwa perubahan jumlah kontestan harus melalui kongres. Sebab, perubahan jumlah kontestan akan merubah hak suara. Sedangkan perubahan jumlah hak suara hanya bisa dilakukan dengan merubah statuta.

“Perubahan jumlah klub kan diatur statuta. Karena berkaitan dengan hak suara. Jumlah kontestan setiap kasta baru bisa berubah setalah ada perubahan statuta. Hal ini harus melalui kongres PSSI. Mau langgar statuta?” imbuh pria yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut.

Ada Promosi, Ada Degradasi

Achsanul Qosasi menambahkan, jika ada promosi, maka harus ada degradasi. Menurutnya, prinsip sepak bola ini harus dipegang teguh. Jika tidak, maka akan menimbulkan gelombang protes dari klub-klub yang merasa dirugikan.

Achsanul juga menanyakan bagaimana respon klub terkait wacana tersebut. Sebab, wacana tersebut secara langsung berdampak terhadap banyak klub. Sehingga kesepakatan klub-klub kontestan harus dipertimbangkan.

Madura United Nilai Lanjutan Liga Bakal Tabrak Statuta

“Liga 2 ada promosi, tapi tidak ada degradasi? Jumlah klubnya nanti jadi 22 tim, siapa yang mengisi sisanya? Mau nabrak statuta lagi? Apakah klub-klub sepakat? Yakin akan dilaksanakan? Kalau tidak sepakat, apa sanksinya?” tegas Achsanul.

Pertanyakan Nasib Liga 3

Achsanul juga meminta PSSI perhatikan nasib Liga 3. Menurutnya, kasta terendah Liga Indonesia ini tidak pernah dibahas masa depannya. Bahkan, sempat tersiar kabar Liga 3 tahun ini ditiadakan.

“Kenapa Liga 3 tidak diputar? Sehingga adil, ada promosi. Ada 800 klub Liga 3 yang berharap bisa promosi ke Liga 2. Mereka juga anggota PSSI dan mempunyai hak yang sama,” tukas Achsanul.

Madura United memang sangat keras terhadap penegakan prinsip sepak bola. Achsanul menganggap prinsip tersebut penting untuk ditegakkan bersama-sama.

“Jangan melanggar statuta dan prinsip kompetisi. Kalau PSSI ingin kita hanya main bola, buat turnamen. Jika menyangkut prinsip, Madura memang keras. Kami taat aturan,” tandasnya.

Madura United Nilai Lanjutan Liga Bakal Tabrak Statuta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top