Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan, Bagaimana dengan Liga 3?

Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan, Bagaimana dengan Liga 3?

PSSI belum memberikan keputusan terkait pelaksanaan Liga 3 2020. Padahal, instruksi PSSI terkait Liga 3 tengah dinantikan Asosiasi Provinsi (Asprov). Beberapa Asprov juga berharap agar Liga 3 2020 tetap diselenggarakan.

Sebelumnya PSSI telah memutuskan nasib lanjutan Liga 1 dan Liga 2. Dua kasta teratas liga Indonesia tersebut mendapat lampu hijau dari federasi. Namun, ada pertanyaan yang kemudian merebak di benak publik. Bagaimana dengan nasib Liga 3 2020?

Sampai saat ini, PSSI belum memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Akan tetapi, federasi sempat berkomunikasi dengan para pengurus Asprov. Komunikasi tersebut digelar secara daring pada 22 Juni lalu.

Hasilnya, para pengurus Asprov berharap agar Liga 3 tetap digelar. Mereka juga mengaku siap beradaptasi dengan format yang baru.

“Kalau dari rapat kemarin, semua Asprov setuju Liga 3 digelar. Karena Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan, mereka juga berharap itu (Liga 3) ada,” ujar Tommy Apriantono selaku Ketua Umum Asprov Jawa Barat.

Tommy juga menyatakan bahwa Asprov siap menggelar protokol kesehatan. Pengurus Asprov hanya menunggu regulasi resmi PSSI terkait panduan kesehatan tersebut.

Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan, Bagaimana dengan Liga 3?

“Kalau mengenai protokol kesehatan dan sebagainya, kami menunggu dari PSSI Pusat,” imbuhnya.

Tunggu Surat Perintah PSSI Pusat

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Sekum Asprov Sumut, Fityan. Ia juga menyatakan kesanggupannya untuk menggelar Liga 3 zona Sumut. Namun, ia mengaku masih menunggu instruksi resmi PSSI Pusat.

“Intinya, kami masih menunggu surat resmi dari PSSI Pusat. Begitu kami menerimanya, kami akan sampaikan ke klub-klub,” ujar Fityan, Rabu (24/6).

Lebih lanjut, Fityan juga siap jika ada penyesuaian format kompetisi. Sebab, ia memperhitungkan kemungkinan perubahan model kompetisi tersebut. Di tengah kondisi keterbatasan ini, penyesuaian format mutlak diperlukan.

“Kalaupun dilaksanakan, pasti formatnya berbeda dari Liga 3 tahun lalu. Yang pasti, kalau sudah ada surat resminya, kami siap melaksanakannya,” imbuhnya.

Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan, Bagaimana dengan Liga 3?

PSSI Siap Gelar Liga 3

Sebelumnya, PSSI menyatakan akan tetap menggelar Liga 3. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Menurutnya, gelaran Liga 3 penting untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda. Ia juga mengatakan masih akan membahas format Liga 3.

“Aspek pembinaan dan pengembangan sepak bola dalam kompetisi agar tetap terjaga. Ini juga kesempatan Liga 3 untuk promosi ke kasta berikutnya. Apalagi ini sesuai dengan program PSSI dalam kongres di Bali,” ujar Yunus Nusi menjelaskan.

Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan, Bagaimana dengan Liga 3?
Cindy

Cindy

Dari kecil saya paling akrab sama Papa. Dan Ayah ku itu gemar sekali sama olahraga sepakbola. Jadinya ya aku sedikit banyak, tau banget lah soal sepak bola. Dan ketemu Rebecka, jadi punya ide buat bikin website berita sepak bola sendiri buat nyalurin hobi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top