Libur Kompetisi Membuat Fisik Pemain Muda Arema FC Menurun

Libur Kompetisi Membuat Fisik Pemain Muda Arema FC Menurun

Ditangguhkannya Liga 1 membuat kondisi fisik pemain menjadi kendur. Hal ini diakui oleh pemain muda Arema FC, Vikrian Akbar. Intensitas latihan mandiri yang rendah ditengarai menjadi penyebab utamanya. Untuk itu, ia rela menambah porsi latihan sebelum liga dilanjutkan.

Sejak Maret lalu, Liga 1 2020 terpaksa ditangguhkan. Sebab, virus Corona mulai mewabah di Indonesia kala itu. Hal ini membuat seluruh kegiatan klub ditidakan untuk sementara. Seluruh pemain dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Opsi tersebut juga diambil tim asal Malang, Arema FC. Menajemen memutuskan untuk memulangkan pemainnya. Semua pemain hanya diwajibkan untuk melakukan latihan secara mandiri. Intensitas latihan pun mengikuti arahan yang diberikan oleh sang pelatih.

Namun, latihan mandiri ini dirasa kurang efektif oleh Vikrian Akbar. Intensitas latihan mandiri ini dinilai tidak cukup untuk menggantikan latihan tim. Pasalnya, ia merasakan bahwa kondisi fisiknya mulai menurun.

“Tiga bulan ini intensitas latihannya tidak seperti biasa. Jujur saja, tingkat kebugaran pemain tentu mengalami penurunan,” ujar Vikrian Akbar.

Akibat Intensitas Latihan yang Ringan

Menurut Vikrian, kondisi ini diakibatkan rendahnya intensitas latihan mandiri. Meski telah melahap seluruh porsi latihan, kondisi fisiknya tetap belum maksimal.

“Itu (penurunan stamina) karena selama dirumah latiahnnya ringan. Meski tidak turun drastis, tapi saya rasa ada penurunan,” lanjut Vikrian.

Libur Kompetisi Membuat Fisik Pemain Muda Arema FC Menurun

Oleh karena itu, belakangan ini Vikrian mencoba menambah porsi latihan. Hal ini ia lakukan demi menyongsong lanjutan Liga 1 2020. Seperti diketahui, lanjutan kompetisi ini rencananya bakal digelar Oktober mendatang.

Latihan Bersama Pemain Arema FC Lainnya

Vikrian juga mulai berlatih bersama pemain Arema FC lainnya. Mulai dari Juan Revi, M. Rafli, hingga Dendi Santoso. Latihan ini dilakukan di lapangan sekitar komplek rumahnya.

“Selama pandemi ini, kebetulan saya dekat dan satu komplek dengan Juan Revi. Jadi setiap hari kami latihan bersama. Kebetulan di sekitar rumah ada lapangan yang cukup bagus,” ungkap Vikrian.

“Kadang saya juga latihan bersama Rafli, Mas Dendi (Santoso), Titan, dan Mas Hendro (Siswanto). Kadang ditemani coach Marcos juga,” imbuhnya.

Dalam menyambut lanjutan liga, Vikrian mengaku tidak memiliki persiapan khusus. Ia hanya fokus menjaga agar kondisi fisiknya tidak drop. Sehingga fisiknya tidak tertinggal jauh dari koleganya saat latihan digelar.

“Tidak ada persiapan khusus. Saya hanya menjaga kondisi agar tidak drop saat latihan dimulai. Kemarin coach Marcos juga bilang bahwa latihan nanti masih pemulihan kondisi,” pungkasnya.

Libur Kompetisi Membuat Fisik Pemain Muda Arema FC Menurun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top