Komite Eksekutif PSSI Ingatkan Satgas Timnas Indonesia

Komite Eksekutif PSSI Ingatkan Satgas Timnas Indonesia

Polemik antara PSSI dengan Shin Tae-yong berbuntut panjang. Kali ini, anggota komite eksekutif (Exco) PSSI ikut turun tangan. Haruna Soemitro memperingatkan agar anggota Satgas Timnas tidak usah ikut campur. Menurutnya, pemberhentian pelatih timnas diputuskan melalui rapat Exco.

Sebelumnya, ultimatum sempat dilontarkan oleh Ketua Satgas Timnas, Syarif Bastaman. Ia memberikan ancaman pemecatan kepada pelatih Timnas, Shin Tae-yong. Syarif juga meminta STY untuk mematuhi instruksi PSSI.

PSSI memang mengaku telah menyurati Shin Tae-yong. Federasi meminta agar pelatih asal Korea Selatan itu segera kembali ke Indonesia. STY diberi waktu hingga pekan depan, tepatnya tanggal 29 Juni.

Namun, pernyataan Syarif Bastaman tersebut segera dibantah oleh Haruna Soemitro. Menurut Haruna, Satgas tidak memiliki wewenang apapun perihal pemecatan pelatih timnas.

Satgas Timnas memang dibentuk PSSI untuk mengawasi kinerja STY. Namun, perannya hanya sebatas mengawasi profesionalitas kerja pelatih timnas. Sedangkan terkait pemberhentian pelatih, bukanlah wewenang Satgas Timnas.

Pemberhentian Pelatih melalui Rapat Exco

Haruna Soemitro menjelaskan bahwa pemecatan pelatih harus melalui rapat Exco. Sehingga keputusan untuk mengangkat dan memberhentikan pelatih diambil secara bersama-sama.

“Satgas silahkan jalan saja. Kecuali untuk masalah pemberhentian atau pengangkatan pelatih timnas. Itu harus lewat rapat Exco atau emergency meeting Exco,” ujar Haruna Soemitro.

Komite Eksekutif PSSI Ingatkan Satgas Timnas Indonesia

Rapat Exco untuk memberhentikan pelatih ini pernah dilakukan sebelumnya. Yakni kala Exco PSSI menggelar rapat untuk membahas nasib Luis Milla. Hasilnya, semuanya sepakat untuk menghentikan kerja sama dengan pelatih asal Spanyol itu. Milla dianggap gagal memenuhi target di Asian Games 2018 lalu.

Tak Permasalahkan Keberadaan Satgas

Haruna juga mengaku tidak ada masalah dengan Satgas Timnas. Menurutnya, jika itu baik untuk timnas, maka Exco pasti mendukung. Keberadaan Satgas Timnas ini juga penting untuk mendongkrak efektifitas penanganan timnas.

“Mau Satgas, Pokja, atau apapun, itu merupakan kewenangan Ketum PSSI. Itu juga terobosan bagus untuk efektivitas penanganan timnas Indonesia,” tutur Haruna.

“Saya pikir tidak perlu ada keputusan setingkat Exco dalam pembentukan Satgas. Karena sudah ada Exco yang menjabat sebagai Komite Tetap,” imbuhnya.

Sebelumnya, Satgas Timnas ini dibentuk oleh Ketua Umum PSSI. Satgas ini dipimpin oleh Syarif Bastaman. Pembentukannya dilakukan pada tanggal 18 Juni 2020 lalu.

Satgas Timnas ini dibentuk untuk membantu efektivitas penanganan timnas. Selain itu, Satgas ini juga dituntut untuk menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 2021. Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar tersebut.

Komite Eksekutif PSSI Ingatkan Satgas Timnas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top