Ketua Umum PSSI Kaji Kemungkinan Liga 1 Hadirkan Penonton

Ketua Umum PSSI Kaji Kemungkinan Liga 1 Hadirkan Penonton

PSSI secara resmi telah memutuskan bahwa Liga 1 bakal dilanjutkan. Namun, belum ada format resmi kompetisi dari federasi. Kini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tengah melakukan kajian baru. Ia mengkaji kemungkinan opsi Liga 1 digelar dengan suporter.

PSSI memang terus melakukan kajian terkait penyesuaian pelaksanaan pertandingan. Upaya tersebut dilakukan untuk memenuhi persyaratan adanya panduan kesehatan. Bahkan, PSSI mengaku telah membuat sebelas buku protokol kesehatan.

“Kami telah membuat sebelas buku panduan kesehatan. Ini berkaitan dengan pelaksanaan lanjutan kompetisi di tengah pandemi,” ujar Mocahamad Iriawan dalam laman resmi PSSI.

PSSI juga terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait. Mulai dari Asosiasi Provinsi (Asprov), hingga klub sepak bola. Sebab, panduan kesehatan tersebut harus dijalankan oleh semua pihak. Sehingga perlu pertimbangan banyak pihak dalam membuat protokol tersebut.

“Komunikasi dengan berbagai pihak terus kami lakukan. Mulai dari komunikasi dengan klub, hingga dengan Asprov,” ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Dapat Restu dari Menteri Kesehatan

Lebih lanjut, Iwan mengaku telah mendapatkan restu dari Menteri Kesehatan. Penonton diperbolehkan hadir di stadion asal ada protokol kesehatan yang ketat. Namun, ia tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan terkait kehadiran suporter.

“Menteri Kesehatan telah membolehkan penonton hadir pada kegiatan olahraga. Namun, tentu ada aturan-aturan yang cukup ketat. Tapi kami masih akan kaji lagi. Pertandingan kan juga bakal disiarkan di televisi,” tutur Iwan menjelaskan.

Ketua Umum PSSI Kaji Kemungkinan Liga 1 Hadirkan Penonton

Malahan, Iwan menyarankan agar penonton tidak datang ke stadion. Pecinta sepak bola diharapkan agar menyaksikan pertandingan melalui siaran televisi. Ia juga berjanji bakal menghadirkan atmosfer pertandingan yang menarik. Meski laga tersebut bakal digelar tanpa penonton.

“Silahkan saksikan pertandingan di televisi. Kami akan siapkan atmosfer stadion yang hidup meski tanpa penonton. Sebagaimana pertandingan liga Eropa yang kini tengah digelar di masa Covid-19,” imbuh Iwan.

Ajak untuk Patuhi Protokol Kesehatan

PSSI tetap optimis mampu kembali menggelar lanjutan liga. Untuk itu, Iwan mengajak semua pihak untuk memiliki harapan yang sama. Ia juga mengajak agar semua pihak menerapkan protokol kesehatan. Sebab, ada penilaian FIFA terhadap teknis penyelenggaraan lanjutan liga.

“Kita harus optimis mampu kembali menggulirkan kompetisi. FIFA juga menilai aktivitas anggotanya di masa pandemi ini,” kata pensiunan Jendral TNI tersebut.

“Negara tetangga kita juga sudah mulai menyelenggarakan pertandingan liga. Mereka menyesuaikan dengan kondisi penanganan Covid-19 di negara masing-masing,” ujar Iwan memungkasi.

Ketua Umum PSSI Kaji Kemungkinan Liga 1 Hadirkan Penonton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top