Jelang Lanjutan Liga, PSSI Genjot Persiapan Teknis

Jelang Lanjutan Liga, PSSI Genjot Persiapan Teknis

Menjelang bergulirnya lanjutan kompetisi, PSSI terus mematangkan persiapan teknis. Koordinasi dengan sejumlah pihak terkait juga terus dilakukan. Seluruh aspek utama dalam menggelar pertandingan terus dipantau kesiapannya. Mulai protokol kesehatan, hingga regulasi pertandingan.

PSSI memang dibebani banyak pekerjaan rumah sebelum menggelar pertandingan. Sebab, lanjutan kompetisi diharapkan tidak menjadi klaster baru penularan virus Corona. Apalagi, akhir-akhir ini grafik kasus positif Covid-19 meningkat tajam.

Untuk itu, berbagai persiapan teknis terus dilakukan PSSI. Hal ini disampaikan langsung oleh sang Ketua Umum, Mochamad Iriawan. Saat ini, pihaknya terus mematangkan persiapan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Iriawan mengatakan PSSI juga terus berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo. Hal ini dilakukannya dengan mengikuti rapat internal di Istana Merdeka. Komunikasi ini dilaksanakan untuk memastikan protokol yang diterapkan dalam pertandingan sesuai dengan arahan pemerintah.

“Aspek kesehatan harus benar-benar diperhatikan. Semua harus mengikuti protokol yang ada. Regulasi yang baru, kesehatan, dan lain-lainnya telah dibuat oleh tim dari PSSI,” ujar Iwan Bule, sapaan Iriawan, dalam laman resmi PSSI.

“Saat ini situasinya belum sepenuhnya normal. Sehingga semuanya harus diantisipasi dengan detail dan bijaksana,” imbuhnya.

Koordinasi dengan BNPB

Iwan Bule juga mengatakan akan membuka komunikasi dengan beberapa pihak lain. PSSI akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Koordinasi dengan BNPB ini rencananya untuk membahas izin pertandingan. Sebab, hingga kini, PSSI belum mendapatkan rekomendasi dari BNPB. Selain itu, federasi akan meminta bantuan penyelenggaraan tes kesehatan.

Jelang Lanjutan Liga, PSSI Genjot Persiapan Teknis

“Kami akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. PSSI juga akan membantu rapid test untuk tim Liga 1,” tutur pria berusia 58 tahun ini.

Membantu Perekonomian Masyarakat

Lebih lanjut, Iwan berharap lanjutan liga bisa membantu perekonomian masyarakat. Sebab, banyak sektor yang mengalami kerugian akibat pandemi Covid-19.

“Dengan kompetisi, kita bisa kembali menghidupkan beberapa sektor. Seperti perhotelan, katering, dan sektor lainnya,” ucap Iwan.

Iwan juga yakin lanjutan kompetisi bisa berjalan sesuai rencana. Keyakinan ini diucapkannya dengan berkaca pada kompetisi di negara tetangga. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, seluruh pertandingan berhasil diselenggarakan dengan aman.

“Liga-liga di dunia sudah mulai berjalan lagi. Walaupun tetap menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Apalagi negara tetangga kita (Liga Vietnam) juga sudah melakukannya. Liga Malaysia dan Thailand juga bakal menyusul,” ujar Purnawirawan Polisi berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) itu.

Jelang Lanjutan Liga, PSSI Genjot Persiapan Teknis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top