Iwan Bule Pastikan Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas

Iwan Bule Pastikan Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas

Polemik antara PSSI dengan Shin Tae-yong mulai menemui titik cerah. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap melatih timnas Indonesia. Kepastian didapat usai keduanya melakukan komunikasi secara virtual.

Diskusi antara Mochamad Iriawan dengan STY berlangsung pada Jumat sore (26/6). Keduanya berbicara empat mata selama dua jam. Komunikasi virtual tersebut digelar menggunakan aplikasi zoom.

Hasil diskusi tersebut kemudian memunculkan penyebab konflik yang terjadi. Menurut Iwan Bule, sapaan Iriawan, ada komunikasi yang terputus di antara keduanya. Hal ini disebabkan adanya Covid-19 yang membuat STY pulang ke Korea Selatan.

“Intinya, memang ada komunikasi yang tersumbat antara PSSI dan yang bersangkutan (STY). Hal ini karena adanya Covid-19 kemarin. Sehingga komunikasi di antara kami tidak berjalan dengan lancar,” ujar Iwan Bule.

Tapi, saat ini polemik tersebut telah usai. Iwan memastikan bahwa Shin Tae-yong tetap akan menahkodai timnas Indonesia. STY juga mengaku telah melupakan permasalahan tersebut.

“Sekarang sudah disepakati apa yang sempat menjadi polemik. Beliau Shin Tae-yong juga sudah melupakan kejadian tersebut. Dia juga masih ingin membangun dan melatih timnas Indonesia,” imbuhnya.

Iwan Bule Pastikan Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas

Harus Membuat Road Map Baru

Meski demikian, PSSI tetap memberikan STY pekerjaan rumah. Federasi meminta mantan pelatih timnas Korsel tersebut untuk membuat road map baru. Pasalnya, program lawas yang dibuat STY kini telah basi.

Adanya pandemi Covid-19 membuat seluruh programnya gagal dilaksanakan. Sehingga perlu adanya perubahan program latihan untuk timnas Indonesia.

“Saat pertama datang, beliau (STY) memang banyak berdiskusi dengan saya. Termasuk program latihan yang disampaikan. Kami tidak tahu tiba-tiba ada wabah virus Corona. Sehingga pasti ada perubahan dan penyesuaian road map,” ujar Purnawirawan perwira tinggi Polri tersebut.

Tidak Ada Perubahan Tugas

Lebih lanjut, Iwan juga mengatakan tidak ada perubahan tugas. STY tetap melatih timnas senior Indonesia, U-19, dan U-23. STY juga tetap berkomitmen dengan kesepakatan tersebut.

“Di akhir percakapan dengan saya, Shin Tae-yong tetap komit melatih timnas. Baik senior, U-19, dan U-23. Karena kesepakatan awalnya memang demikian. Artinya, beliau tetap melatih, kami bicara secara kekeluargaan,” tukas pria berusia 58 tahun tersebut.

Sebelumnya, STY memang menghendaki komunikasi dengan Ketum PSSI ini. Hal ini merupakan jawaban atas surat yang dikirimkan PSSI. Permintaan ini disampaikan langsung oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Rencana ini sempat tertunda karena Iwan berada di luar Jakarta.

Iwan Bule Pastikan Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top