Iwan Bule Berikan Penjelasan Tentang Aturan Penonton

Iwan Bule Berikan Penjelasan Tentang Aturan Penonton

PSSI jelaskan soal regulasi kehadiran penonton pada lanjutan kompetisi nanti. Federasi tetap membuka kemungkinan laga bisa dihadiri oleh penonton. Dalam hal ini, PSSI merujuk pada peraturan pemerintah terkait aturan penonton.

Sebelumnya, PSSI telah megeluarkan Surat Keputusan bernomor SKEP/53/VI/2020. Surat ini mengatur jalannya kompetisi dalam kondisi luar biasa. Dalam surat ini, kompetisi bakal dilanjutkan pada Oktober mendatang.

Namun, ada beberapa peraturan detail yang belum diatur. PSSI masih berkoordinasi dengan PT LIB selaku operator terkait teknis pelaksanaan pertandingan. Salah satunya adalah peraturan terkait kehadiran penonton di stadion.

Saat menerbitkan SK tersebut, PSSI sempat menjelaskan terkait regulasi penonton. Federasi tidak menutup kemungkinan pertandingan bisa dihadiri oleh penonton. Namun, tentu ada protokol kesehatan yang harus diperhatikan.

“Kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akan dimulai awal Oktober 2020. Tapi, kami akan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Diwarnai Kebimbangan

Soal kehadiran penonton memang terus menjadi perdebatan banyak pihak. Ada kebimbangan yang menyelimuti PSSI dan PT LIB selaku operator. Kehadiran penonton dinilai membahayakan sebab pertandingan digelar di tengah pandemi. Namun, absennya penonton tentu akan memengaruhi pemasukan klub.

Oleh sebab itu, regulasi terkait penonton ini terus digodok. Dalam pembahasannya, PSSI mengaku tetap memperhatikan peraturan pemerintah.

“Seperti kita tahu, Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) juga sudah menyampaikan. Terkhusus lagi Menteri Kesehatan,” ungkap Iriawan.

Iwan Bule Berikan Penjelasan Tentang Aturan Penonton

Sebelumnya, Menpora memang sempat mengeluarkan regulasi mengenai kehadiran penonton. Zainuddin Amali memperbolehkan 30 persen kapasitas stadion diisi penonton.

“Bahkan beliau menetapkan level-level bagaimana 30 persen penonton ada di stadion. Kami (PSSI dan PT LIB), akan coba analisa kembali. Karena ini berkaitan dengan protokol kesehatan,” imbuh Iwan Bule, sapaan Iriawan.

PSSI Tanggung Biaya Tes Covid-19

Selain itu, terkait protokol kesehatan, PSSI juga akan menggung biaya tes Covid-19. Hal ini bertujuan untuk membantu meringankan beban operasional klub. Sebab, jika ini ditanggung klub, maka kondisi finansialnya bakal membengkak.

Tes kesehatan ini merupakan salah satu prasyarat sebelum menggelar pertandingan. PSSI berencana menggelar tes Covid-19 secara periodik saat liga bergulir. Namun, belum diketahui apakah menggunakan tes rapid atau swab.

“Kami sudah mengeluarkan buku panduan untuk protokol kesehatan. Ini disesuaikan dengan jadwal kegaiatan di lapangan. Mungkin kami nanti akan melakukan tes Covid-19 secara berkala. Itu kemungkinan bakal ditanggung PSSI. Insyaallah,” ucap pria berusia 58 tahun tersebut.

Iwan Bule Berikan Penjelasan Tentang Aturan Penonton
Cindy

Cindy

Dari kecil saya paling akrab sama Papa. Dan Ayah ku itu gemar sekali sama olahraga sepakbola. Jadinya ya aku sedikit banyak, tau banget lah soal sepak bola. Dan ketemu Rebecka, jadi punya ide buat bikin website berita sepak bola sendiri buat nyalurin hobi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top