BerandaLiga Eropa LainnyaLiga ChampionsFormat Liga Champions Akan Segera Dirubah

Format Liga Champions Akan Segera Dirubah

Sepakbola Eropa mendapat sorotan lebih selama 24 jam terakhir. Hal ini tidak lepas dari keputusan 12 klub papan atas Eropa yang sepakat untuk memisahkan diri dari UEFA guna menjalankan kompetisi eksklusif bernama Liga Super Eropa. Selain penolakan keras, pihak UEFA juga langsung mengumumkan perubahan format Liga Champions.

Menurut laporan situs resmi UEFA, akan terdapat sejumlah perubahan signifikan dari format baru yang akan diterapkan. Salah satunya adalah penambahan jumlah peserta menjadi 36 tim dari yang awalnya 32. UEFA juga menjamin jika setiap tim akan mendapat kesempatan bermain di 10 laga sebagai garansi tambahan pemasukan. Akan tetapi perubahan paling siginifikan adalah dihilangkannya sistem grup yang selama ini kita kenal.

Berdasarkan sumber tersebut, UEFA akan menerapkan sistem liga untuk menggantikan fase grup. Delapan tim teratas di klasemen akan langsung mendapat tempat di babak 16 besar. Sisa delapan posisi lainnya akan diperebutkan oleh tim yang menempati posisi ke-9 hingga 24 dengan format pertandingan dua leg. Liga Europa juga akan menjalani format serupa.

Namun para fans dan pemain tidak akan meliaht format baru ini dalam waktu dekat. Pasalnya pihak UEFA baru akan mengimplementasikan rencana tersebut pada Liga Champions dan Liga Europa musim 2024/25 mendatang.

Berita Bola Serupa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini