Fakta 3 Stadion di Yogyakarta, Calon Markas Tim Luar Jawa

Fakta 3 Stadion di Yogyakarta, Calon Markas Tim Luar Jawa

PT LIB dan PSSI sepakat memusatkan Liga 1 di Pulau Jawa. Klub asal luar Jawa nantinya akan bermarkas di Yogyakarta. Ada tiga opsi stadion yang bisa dipilih. Yakni, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sultan Agung Bantul, dan Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Kualitas ketiga stadion tersebut sudah tidak diragukan lagi. Ketiganya sudah pernah menggelar laga kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Bahkan, tak jarang juga beragam agenda internasional dihelat di ketiga stadion tersebut. Berikut ini adalah fakta mengenai ketiga stadion tersebut.

Fakta 3 Stadion di Yogyakarta, Calon Markas Tim Luar Jawa

Stadion Maguwoharjo Sleman

Markas PSS Sleman ini merupakan pilihan utama klub-klub musafir. Stadion ini berkapasitas sekitar 33 ribu penonton. Selain kapasitas besar, stadion ini memiliki magnet yang cukup besar.

Selama pandemi Covid-19, rumput Stadion Maguwoharjo tetap mendapatkan perawatan. Meski tidak dipakai, perawatannya tetap dilakukan sesuai prosedur yang ada.

Stadion Maguwoharjo merupakan salah satu stadion modern di Indonesia. Hal ini terbukti dengan tidak adanya lintasan atletik di dalam stadion. Stadion ini juga disebut-sebut sebagai San Siro-nya Indonesia. Penyematan ini diberikan karena desainnya yang mirip dengan markas AC Milan tersebut.

Kabarnya, sudah ada dua tim luar Jawa yang memilihnya sebagai markas. Keduanya adalah Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC.

Fakta 3 Stadion di Yogyakarta, Calon Markas Tim Luar Jawa

Stadion Sultan Agung Bantul

Stadion ini merupakan markas Persiba Bantul. Namun, musim ini, Persiba terdampar di kasta Liga 3. Hal ini membuat Stadion Sultan Agung tidak terpakai.

Kualitas Stadion Sultan Agung ini sudah tidak diragukan lagi. Baik kualitas rumput, maupun kapasitas penerangannya sudah teruji. Beberapa klub Liga 1 juga sempat menjadikannya sebagai markas sementara.

Di Liga 1 2019, Kalteng Putra bermarkas di stadion ini selama setengah musim. PS Tira juga pernah semusim menggunakan stadion ini 2018 lalu. Bahkan PSIS Semarang dan Persija Jakarta sempat beberapa kali bermarkas di sini.

Fakta 3 Stadion di Yogyakarta, Calon Markas Tim Luar Jawa

Stadion Mandala Krida Yogyakarta

Stadion Mandala Krida merupakan markas tim Liga 2, PSIM Yogyakarta. Stadion ini juga baru saja selesai direnovasi tahun lalu. Awalnya, stadion ini juga diproyeksikan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. Namun, di detik-detik akhir, stadion ini dicoret oleh PSSI.

Lokasi Stadion Mandala Krida ini juga sangat strategis. Stadion ini terletak ditengah kota. Banyak hotel dan akses moda transportasi yang mengitarinya.

Stadion Mandala Krida juga beberapa kali dipakai oleh timnas U-19. Yang terakhir, stadion ini menjadi venue laga timnas Indonesia U-19 kala menjamu Iran.

Sayangnya, stadion ini belum dilengkapi dengan fasilitas penerangan. Sehingga belum bisa dipakai untuk menggelar laga pada malam hari.

Fakta 3 Stadion di Yogyakarta, Calon Markas Tim Luar Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top