BerandaLiga Eropa LainnyaLiga ChampionsEuropa Conference League, Kompetisi untuk Tim-tim Kecil

Europa Conference League, Kompetisi untuk Tim-tim Kecil

UEFA baru saja meresmikan kompetisi kasta ketiga alias untuk tim-tim gurem, dengan nama Europa Conference League (UECL). Kompetisi ini resmi digelar mulai musim 2021/2022 mendatang.

Seperti judul di atas, kompetisi ini merupakan kasta ketiga setelah Liga Champions dan Liga Europa. Sebenarnya, UECL mirip dengan kompetisi Eropa era 90-an, kita mengenal dengan nama Piala Winner atau Piala Intertoto.

Kompetisi ini akan dimulai sejak fase grup dengan total sebanyak 32 tim yang bersaing. Tapi uniknya adalah tidak ada tim dari negara mana pun yang bisa langsung lolos ke fase grup.

Total sebanyak 184 tim harus berjibaku dari babak kualifikasi pertama hingga putaran final demi mendapat tempat di fase grup. Dari komposisi 32 tim di fase grup, sebanyak 22 klub berasal dari kualifikasi dan sisanya 10 klub yang gugur di play-off Liga Europa.

Dari aturan jatah tiket dari masing-masing asosiasi sepak bola Eropa, kompetisi ini jelas untuk tim-tim yang gurem. Terbukti asosiasi negara peringkat-peringkat lebih rendah mendapat jatah yang lebih banyak.

Dengan jatah tiket dari masing-masing negara sebagai berikut:

  • Asosiasi Peringkat 1-5 hanya dapat satu tim
  • Urutan peringkat 6-15 dan 51-55 dapat jatah dua tim
  • Asosiasi peringkat 16-50 mendapat jatah tiga tim
Europa Conference League, Kompetisi untuk Tim-tim Kecil
Jan Sepele Manalu
Football Addict, Jago FIFA, Suka Main Football Manager. Mantan jurnalis sebuah portal berita olahraga dengan spesialisasi sepak bola. Suka menulis informasi berita, feature, semi-analisis atau analisis panjang tentang sepak bola. Sedari lahir sudah Romanisti. Forza Roma.
Berita Bola Serupa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini