BerandaEuro 2020Euro 2020: Hancurkan Swiss, Italia Puncaki Grup A

Euro 2020: Hancurkan Swiss, Italia Puncaki Grup A

Tak salah memang jika Italia dijagokan sebagai kandidat juara Euro 2020. Menghadapi Swiss di laga kedua Grup A, anak asuh Roberto Mancini kembali mencatatkan skor 3-0. Sama seperti hasil laga pertama kontra Turki.

Swiss sudah nampak tidak berdaya menghadapi dominasi Italia sejak laga dimulai. Benar saja, di menit ke-19 gawang Yan Sommer dibobol oleh Giorgio Chiellini. Bek veteran Juventus tersebut memaksimalkan sepak pojok Lorenzo Insigne untuk mengoyak gawang Swiss dari jarak dekat.

Beruntung bagi Swiss, VAR menganulir gol tersebut karena Chiellini terlihat menyentuh bola dengan tangannya. Bahkan Chiellini ditarik keluar lima menit kemudian akibat masalah hamstring.

Namun gol yang ditunggu Italia akhirnya benar-benar terjadi hanya dua menit, yakni di menit ke-26 setelah Chiellini ditarik keluar. Berawal dari umpan Domenico Berardi, Manuel Locatelli menerobos dari sisi kanan sebelum mengoyak gawang Yan Sommer. 1-0 Italia memimpin.

Sisa waktu di babak pertama tetap menunjukkan dominasi Italia atas Swiss. Di menit ke-34 gawang Swiss hampir kembali bobol jika saja kiper Yan Sommer tidak membuat penyelamatan dari sepakan Ciro Immobile. Dilanjutkan di menit ke-37 kala tendangan Leonardo Spinazzola melenceng tipis. Skor 1-0 pun menutup babak pertama.

Italia justru makin mengganas di babak kedua. Terbukti di menit ke-52 Swiss makin tertinggal setelah Locatelli mencetak gol kedua dari luar kotak penalti, hasil umpan dari Nicolo Barella.

Swiss sempat bereaksi di menit ke-63 lewat Xherdan Shaqiri yang sukses melewati Jorginho. Sayang sepakan pemain Liverpool tersebut melenceng. Kesempatan terbaik Swiss datang di menit ke-64. Steven Zuber melepas tembakan yang ditepis oleh Donnarumma, namun bola muntah kembali disambar oleh Zuber yang ironisnya, masih bisa dihalau oleh calon kiper PSG tersebut.

Sisa laga diwarnai jual beli serangan. Namun ketika laga nampak akan berakhir 2-0, justru Italia yang menambah keunggulan di menit ke-89. Berawal dari kesalahan Djibiril Sow, Rafael Toloi mencuri bola dan memberi umpan yang dikonversi sempurna oleh Ciro Immobile untuk mengunci kemenangan 3-0 Italia.

Hasil kontra Swiss membuat Italia kini kokoh di puncak klasemen Grup A. Gli Azzurri mengoleksi enam poin dari dua laga, diikuti Wales dengan empat poin. Sedangkan Swiss berada di posisi ke-3 dengan satu poin.


Italia (4-3-3): Donnarumma – Spinazzola, Chiellini (Acerbi 24′), Bonucci, Di Lorenzo – Locatelli (Pessina 86′), Jorginho, Barella (Cristante 87′) – Insigne (Chiesa 69′), Immobile, Berardi (Toloi 70′).

Swiss (3-4-1-2): Sommer – Akanji, Schar (Zuber 57′), Elvedi – Rodriguez, Xhaka, Freuler (Sow 84′), Mbabu (Widmer 58′) – Shaqiri (Vargas 76′) – Embolo, Seferovic (Gavranovic 46′).

Berita Bola Serupa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini