Eropa Diterpa COVID19, Rusia Siap Jadi Tuan Rumah Euro 2020

Eropa Diterpa COVID19, Rusia Siap Jadi Tuan Rumah Euro 2020

Harapan masyarakat Eropa untuk bisa mendukung tim nasional mereka di negara masing-masing pada Euro 2020 nampaknya akan pupus. Hal ini sehubungan dengan laporan dari Le Parisien yang menyebutkan jika federasi sepakbola Eropa, atau UEFA, sedang mempertimbangkan untuk menunjuk Rusia sebagai tuan rumah tunggal kompetisi tersebut.

Seperti diketahui, Euro 2020 awalnya memiliki format tanpa tuan rumah, dengan pertandingan akan dihelat di 12 kota Eropa dengan sistem home dan away selayaknya kompetisi Champions League atau Europa League. Akan tetapi, makin buruknya situasi Eropa akibat pandemi COVID-19 membuat UEFA mempertimbangkan sejumlah opsi, termasuk menunjuk Rusia sebagai tuan rumah.

Sumber yang sama menyebutkan jika terdapat beberapa alasan dari pertimbangan ini. Pertama, masalah keamanan terkait COVID-19. Rusia sendiri menunjukkan grafik menurun dalam hal jumlah infeksi, sesuatu yang belum dicapai oleh negara-negara besar Eropa lainnya. Kedua, permasalahan logistik yang pastinya lebih mudah jika hanya ada satu tuan rumah.

Belum ada keputusan resmi dari UEFA terkait hal ini, namun melihat Inggris yang melakukan lockdown total akibat COVID-19, disusul pembatasan skala besar di Spanyol, Italia, dan Prancis, membuat gagasan UEFA bisa jadi terwujud. Euro 2020 sendiri rencananya akan dihelat mulai tanggal 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top