Dirut Persija Ingin Pembangunan Stadion BMW Segera Rampung

Dirut Persija Ingin Pembangunan Stadion BMW Segera Rampung

Persija Jakarta saat ini tengah menantikan berdirinya Stadion BMW. Stadion ini merupakan realisasi dari janji kampanye Gubernur DKI Jakarta. Stadion ini rencananya bakal menjadi markas tetap tim Persija. Oleh karena itu, manajemen menginginkan agar pembangunannya segera rampung.

Usai Stadion Lebak Bulus dirubuhkan, praktis Persija menjadi tim musafir. Tim Macan Kemayoran berkali-kali pindah markas kala menjalani laga kandang. Beberapa kali pula Persija terpaksa menjalani laga usiran.

Persija terpaksa menggunakan stadion alternatif saat Gelora Bung Karno tidak dapat digunakan. Mulai dari Stadion Pakansari, Stadion Patriot Chandrabhaga, hingga Stadion Wibawa Mukti. Bahkan Persija sempat bermarkas di Stadion Sultan Agung Bantul dan Stadion Manahan Solo.

Oleh sebab itu, hadirnya stadion menjadi kebutuhan utama klub. Angin segar datang saat Gubernur berjanji akan membuat stadion baru. Selain itu, Persija juga dijanjikan memiliki hak guna stadion.

Kabar tersebut disambut positif oleh manajemen tim Ibu kota. Pihak klub juga meminta agar pembangunan stadion segera dirampungkna. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Direktur Utama Persija, Ambono Januarianto.

“Stadion BMW masih dalam proses pembangunan oleh Pemerintah Daerah. Tapi yang utama, kami akan segera memiliki kandang sendiri,” ujar Ambono Januarianto.

Bakal Rampung Tahun 2022

Pembangunan Stadion BMW ini berada di kawasan Sunter, Jakut. Stadion ini diperkirakan bakal rampung pada tahun 2022 nanti. Stadion ini telah dicanangkan pembangunannya sejak tahun 2014. Perencanaannya dilakukan oleh Joko Widodo saat menjadi Gubernur DKI.

Dirut Persija Ingin Pembangunan Stadion BMW Segera Rampung

Bahkan, Jokowi sempat melakukan peletakan batu pertama. Namun, prosesnya tersendat akibat adanya sengketa lahan dengan PT Buana Permata Hijau. Setelah itu, proses pembangunan kembali dilanjutkan pada tahun 2015. Peletakan batu pertama kembali dilakukan oleh Djarot Syaiful Hidayat.

“Pembangunannya mungkin rampung dengan sempurna dalam dua tahun mendatang. Tahap pertama pembangunan untuk lapangan utama. Kemudian kedua terkait dengan kegiatan di stadion,” tutur Ambono.

Persija Dapat Hak Guna

Menurut Ambono, Persija juga akan diberikan hak penggunaan stadion. Dengan demikian, manajemen berhak menentukan tata kelola Stadion BMW.

Ambono juga berinisiatif untuk menjadikan Stadion BMW sebagai rumah bagi Jakmania. Di lingkungan sekitar stadion, akan dibuat wilayah Jakmania Center. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh Jakmania di kawasan tersebut.

“Kami bisa menciptakan sebuah Jakmania Center. Nanti bisa untuk tempat makan-makan, kumpul, nobar, dan kegiatan lainnya. Ini tentu hal positif bagi Persija. Selain akan memiliki kandang sendiri, stadion bisa menjadi tempat Jakmania berkumpul,” pungkasnya.

Dirut Persija Ingin Pembangunan Stadion BMW Segera Rampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top