Beranda blog

Tinggalkan Juventus, Gianluigi Buffon Resmi ke Parma

0

Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon akhirnya resmi pulang ke Parma. Ia sudah meninggalkan Juventus demi pulang ke klub yang membesarkan namanya.

Buffon meningalkan Juventus pada akhir musim 2020/2021. Dua musin terakhir ia menghabiskan karier di Juventus sebagai kiper cadangan.

Sempat ada kabar ia akan gantung sepatu, tapi kiper berusia 43 tahun ity merasa kondisinya masih sanggup bersaing.

Ia sempat diminati beberapa klub, termasuk dari klub-klub elite Eropa. Tapi pada akhirnya, Buffon kembali pulang ke rumah.

Kembalinya Gianluigi Buffon diumumkan Parma dengan cara yang cukup unik lewat video yang diunggah di media sosialnya. Di awal video itu, tampak seorang pria berjalan memasuki Stadion Ennio Tardini, kandang Parma.

Pria itu kemudian menggali di bawah gawang dan menemukan sebuah peti. Setelah dibuka, peti tersebut berisi baju berlogo Superman dan seragam Parma. Pria itu lalu membuka penutup kepalanya dan dia adalah Buffon.

“Aku kembali,” ucap Buffon singkat di akhir video.

Itu tandanya Buffon kembali ke Parma setelah 20 tahun. Kabarnya, Buffon menandatangani kontrak yang berdurasi dua tahun bersama Parma.

Gianluigi Buffon sebelumnya pernah memperkuat Parma pada 1995-2001. Bersama I Gialoblu kala itu, Buffon menjuarai Coppa Italia, Piala UEFA, dan Piala Super Italia.

Prediksi Euro 2020: Swedia vs Slovakia – 18 Juni

0

Swedia akan berupaya untuk meraih kemenangan pertama mereka di Euro 2020 kala menghadapi Slovakia di laga kedua Grup E. Anak asuh Janne Andersson saat ini masih berada di posisi ke-3 pasca imbang 0-0 kontra Spanyol. Sebaliknya Slovakia membuat kejutan dengan menang 2-1 atas Polandia.


Berita Tim

Swedia

  • Satu-satunya pemain absen adalah gelandang Bologna, Mattias Svanberg. Pemain 22 tahun tersebut terpapar COVID-19.

Slovakia

  • Kubu Slovakia juga akan kehilangan satu pemain, yakni penyerang FK Jablonec, Ivan Schranz. Dirinya menderita cedera engkel.

Prediksi Susunan Pemain

Swedia (4-4-2): Olsen – Augustinsson, Danielsson, Lindelof, Lustig – Forsberg, Olsson, Ekdal, Larsson – Isak, Berg.

Slovakia (4-4-2): Dubravka – Hubocan, Satka, Skriniar, Pekarik – Mak, Hromada, Kucka, Haraslin – Duda, Hamsik.


Sekilas Informasi

Pertemuan antara Swedia dan Slovakia akan menjadi yang pertama di kompetisi resmi sejak kualifikasi Piala Dunia 2002 pada Juni 2001 silam. Meskipun di laga pertama sukses mengatasi Polandia, Slovakia di atas kertas masih lebih lemah dibanding Swedia.

Swedia datang dengan catatan yang cukup baik. Sebelum imbang dari Spanyol, Blagut meraih tujuh kemenangan dan hanya tiga kekalahan dari 10 laga terakhir mereka. Dua kemenangan mereka bukukan kontra tim kuat, yakni Kroasia (2-1) dan Rusia (2-1).

Di sisi lain, Slovakia belum tampil cukup meyakinkan di bawah asuhan Stefan Tarkovic. Sebelum menang atas Polandia, mereka hanya menang tiga kali dari delapan laga. Sisanya ditutup dengan empat hasil imbang dan satu kekalahan.

Statistik pertemuan antara kedua tim juga condong kepada Swedia. Dari lima pertemuan sepanjag sejarah kedua negara, Swedia menang di tiga laga dengan dua lainnya imbang. Salah satu kemenangan yang paling dikenang tentu saja pada laga persahabatan Januari 2017 ketika Swedia membabat Slovakia 6-0.

Prediksi Bola Malam Ini: Swedia 1-0 Slovakia


Lima Laga Terakhir SwediaΒ 

  • Spanyol 0-0 Swedia (Euro 2020)
  • Swedia 3-1 Armenia (Uji Coba)
  • Swedia 2-0 Finlandia (Uji Coba)
  • Swedia 1-0 Estonia (Uji Coba)
  • Kosovo 0-3 Swedia (Kualifikasi Piala Dunia 2022)

Lima Laga Terakhir Slovakia

  • Polandia 1-2 Slovakia (Euro 2020)
  • Austria 0-0 Slovakia (Uji Coba)
  • Slovakia 1-1 Bulgaria (Uji Coba)
  • Slovakia 2-1 Rusia (Kualifikasi Piala Dunia 2022)
  • Slovakia 2-2 Malta (Kualifikasi Piala Dunia 2022)

RESMI: Chelsea Jual Fikayo Tomori ke AC Milan

0

AC Milan benar-benar enggan membuang waktu dalam persiapan menghadapi musim 2021/22. Setelah mendapatkan kiper Mike Maignan dari Lille, kini giliran bek muda, Fikayo Tomori yang dipermanenkan.

Menurut laporan situs resmi klub, bek 23 tahun tersebut telah resmi menjadi milik AC Milan setelah Chelsea sepakat menjualnya di angka 30 juta euro. AC Milan pun langsung memberikan kontrak jangka panjang hingga Juni 2024 kepada Tomori.

Pemain yang pernah memperkuat Hull City dan Derby County tersebut sebelumnya sempat diragukan akan bertahan di San Siro. Namun keberhasilan AC Milan menembus Liga Champions 2021/22 membuat dirinya setuju untuk terus bermain bersama Rossoneri.

Bergabungnya Tomori membuktikan ambisi AC Milan untuk bersaing di musim depan. Sebelumnya Rossoneri telah mendapatkan tanda tangan kiper Lille dan Timnas Prancis, Mike Maignan.

Terry Butcher Peringatkan Inggris soal Kekuatan Skotlandia

0
inggris
eurosport

Terry Butcher, legenda sepak bola yang dulu pernah menjabat sebagai kapten Timnas Inggris, baru-baru ini mengeluarkan peringatan keras kepada negaranya.

Peringatan yang dimaksud yakni mengenai persiapan skuat asuhan Gareth Southgate jelang laga kedua Grup D Euro 2020 kontra Skotlandia.

Inggris vs Skotlandia memang bakal saling beradu Sabtu (19/06/21) dini hari WIB esok. Kedua tim punya bekal berbeda dalam menatap laga ini.

Mereka membekali diri dengan kemenangan 1-0 atas Kroasia di laga perdana. Sedangkan Skotlandia harus menderita kekalahan 0-2 dari lawannya Republik Ceko.

Melihat fakta demikian, Butcher sungguh mewajarkan apabila Raheem Sterling dkk sedang senang-senangnya. The Three Lions benar-benar di atas angin ketimbang Skotlandia.

Namun Butcher paham betul bagaimana kekuatan Skotlandia yang berpotensi memberikan kesulitan berarti kepada Inggris. Maklum, Butcher cukup dekat dengan sepak bola Skotlandia lantaran pernah menduduki jabatan asisten pelatih di sana pada 2008-2009 silam.

“Inggris harus segera meredakan euforia yang timbul setelah kemenangan atas Kroasia kemarin. Pemain-pemain Skotlandia selalu punya semangat lebih setiap bertemu kita. Mereka bisa menjadi lawan yang berbahaya,” kata Butcher seperti dikutip dari Sportsmole.

Lebih jauh, Butcher menjelaskan karakteristik permainan Skotlandia. Ia turut membeberkan bagaimana sebaiknya respon negaranya supaya tidak dibuat keteteran oleh tim lawan.

“Agresivitas permainan Skotlandia selalu tinggi sepanjang pertandingan. Kita harus betul-betul mengendalikan permainan, bukan hanya sekedar memanfaatkan peluang. Jika tidak, saya bisa pastikan Inggris ada dalam bahaya besar,” ungkap Butcher.

Berikan Salam Anti-Kudeta, Kiper Myanmar Minta Suaka

0

Kiper Myanmar, Pyae Lyan Aung ogah pulang ke negaranya. Ia bahkan meminta suaka kepada Jepang setelah memberoikan hormat anti-kudeta saat melawan Jepang di Kualfikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Saat ini Myanmar dalam kekcauan sejak adanya kudeta pada Februari dengan menggulingkan pemerintahan Aung San Su Kyi. Hal ini memunculkan gelombang protes dan bentrokan antara militer dengan pemberontak.

Bulan lalu, penjaga gawang pengganti Pyae Lyan Aung mengangkat hormat tiga jari saat lagu kebangsaan dimainkan sebelum kualifikasi Piala Dunia melawan Jepang.

Rabu malam, dia mengatakan kepada petugas imigrasi Jepang di bandara di Osaka bahwa dia tidak akan naik pesawat kembali ke Myanmar.

“Setelah mengkonfirmasi keinginannya, kami akan melanjutkan prosedur untuk mencari status pengungsi baik di Osaka atau di Tokyo,” kata Watanabe, penyiar nasional NHK.

“Sudah jelas (bahwa dia adalah seorang pengungsi politik) setelah dia memberi hormat tiga jari. Saya berharap status pengungsinya akan diakui sesegera mungkin,” ucap Watanabe.

Penyiar nasional NHK itu menunjukkan rekaman pemain berbicara melalui penerjemah di Osaka pada Rabu malam.

“Jika saya kembali ke Myanmar, hidup saya akan dalam bahaya. Saya memutuskan untuk tinggal di Jepang,” katanya. “Pemerintah dan rakyat Jepang harus mengetahui situasi Myanmar. Saya meminta kerja sama Anda,” tambahnya.

Salam tiga jari telah sering digunakan sebagai bentuk demonstrasi perlawanan oleh pengunjuk rasa selama krisis yang terjadi di Myanmar. Setidaknya sudah ada 800 orang menjadi korban.

Lyan Aung mengakui kekhawatiran tentang konsekuensi dari keputusannya, “Jika ada bahaya yang terjadi pada rekan tim atau anggota keluarga saya, saya akan kembali ke Myanmar untuk ditangkap.”

Jepang hanya menerima beberapa permohonan suaka setiap tahun, tetapi pada bulan Mei kementerian kehakiman mengatakan penduduk Myanmar yang sudah berada di negara itu akan dapat memperpanjang masa tinggal. Hal ini sebagai tindakan darurat karena kudeta sedang terjadi.

Prediksi Kroasia vs Republik Ceko

0

Prediksi Bola Hari Ini di EURO 2020 akan sangat seru. Kroasia berhadapan dengan Republik Ceko di laga kedua Grup D EURO 2020, Jumat (18/6) malam WIB. Laga tersebut digelar di Stadion Hampden Park, Glasgow.

Pada laga sebelumnya, Kroasia kalah 0-1 Inggris di Wembley pada laga perdana. Sementara Ceko menang 2-0 atas Skotlandia melaui dua gol dari Patrik Schick.

Ceko akan kembali bermain di Hampden Park dan kali ini adalah Kroasia yang menjadi lawan. Ceko akan berjuang untuk meraih kemanangan kedua demi melangkah ke fase selanjutnya.

Walau takluk dari Inggris pada laga pertama, Kroasia yang memiliki pemain-pemain seperti Modric, Ivan Perisic, Marcelo Brozovic, dan Ante Rebic masih punya kans untuk bersaing di grup ini.

Pertemuan terakhir Kroasia dan Ceko tersaji di penyisihan grup Euro 2016. Laga itu berkesudahan imbang 2-2. Salah satu gol Kroasia dicetak oleh Perisic, yang saat ini masih masuk dalam skuad Kroasia.

Head-to-Head

Pertemuan Sebelumnya

17-06-2016 Ceko 2-2 Kroasia (Euro)
09-02-2011 Kroasia 4-2 Ceko (Friendly)
12-12-1996 Kroasia 1-1 Ceko (Friendly).

5 Pertandingan Terakhir Kroasia

28-03-21 Kroasia 1-0 Siprus (Kualifikasi Piala Dunia)
31-03-21 Kroasia 3-0 Malta (Kualifikasi Piala Dunia)
01-06-21 Kroasia 1-1 Armenia (Friendly)
07-06-21 Belgia 1-0 Kroasia (Friendly)
13-06-21 Inggris 1-0 Kroasia (Euro).

5 Pertandingan Terakhir Republik Ceko

28-03-21 Ceko 1-1 Belgia (Kualifikasi Piala Dunia)
31-03-21 Wales 1-0 Ceko (Kualifikasi Piala Dunia)
05-06-21 Italia 4-0 Ceko (Friendly)
09-06-21 Ceko 3-1 Albania (Friendly)
14-06-21 Skotlandia 0-2 Ceko (Euro).

Perkiraan Susunan Pemain

Kroasia (4-2-3-1): Livakovic; Barisic, Caleta-Car, Vida, Vrsaljko; Brozovic, Modric; Perisic, Vlasic, Rebic; Petkovic.

Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik; Boril, Kalas, Celustka, Coufal; Kral, Soucek; Jankto, Darida, Masopust; Schick.

Prediksi Skor

Kroasia 0-2 Republik Ceko.

Patrick Vieira Enggan Jagokan Italia di Euro 2020

0

Tak bisa dimungkiri, Timnas Italia menjadi tim yang paling meyakinkan di Euro 2020 sejauh ini. Terkini mereka baru saja melibas Swiss dengan skor 3-0. Hasil serupa juga mereka torehkan kala menghadapi Turki di laga pertama Grup A.

Akan tetapi optimisme terhadap Italia tidak dirasakan oleh mantan gelandang Timnas Prancis dan Arsenal, Patrick Vieira. Bahkan pria 44 tahun tersebut merasa jika Italia tidak akan melaju terlalu jauh di Euro 2020.

“Dua laga pertama yang mereka jalani tergolong mudah. Terlalu dini menilai mereka sebagai calon juara hanya dari dua laga tersebut,” ujar Vieira kepada ITV Football.

“Italia tidak bermain dengan intensitas, kekuatan, dan kecepatan yang cukup. Jadi saya akan menunggu sebelum mengatakan mereka adalah kandidat juara,” tutupnya.

Gelar Euro 2020 jelas sangat diharapkan oleh publik Italia. Pasalnya terakhir kali mereka meraih piala tersebut adalah pada edisi 1968 silam, yang juga merupakan satu-satunya gelar Euro yang dimiliki oleh Gli Azzuri.

Gattuso Diklaim Akan Segera Angkat Kaki dari Fiorentina

0

Tidak akan ada nama Gennaro Gattuso di Artemio Franchi untuk musim depan. Bagaimana tidak, Gattuso baru saja memutus kontraknya bersama Fiorentina meskipun baru menjabat sebagai pelatih selama 22 hari.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh situs resmi klub. Kendati tidak disebutkan alasan di balik keputusan tersebut, kabar yang beredar menyatakan jika perpecahan bermuara dari perbedaan pandangan terkait kebijakan transfer.

Kedua pihak pun sepakat untuk berpisah dan Fiorentina kabarnya sudah bergerak untuk mencari pengganti. Dua kandidat teratas jatuh kepada mantan pelatih Lyon, Rudi Garcia dan mantan manajer Leicester City, Claudio Ranieri.

Gattuso sendiri baru saja mundur dari posisi pelatih Napoli pada 23 Mei silam setelah gagal membawa Il Partenopei menembus posisi empat besar. Posisinya di Napoli sendiri sudah digantikan oleh Luciano Spalletti.

Arsenal Mulai Serius Kejar Bek Muda Timnas Inggris

0
arsenal - ben white
mondialnews

Arsenal menatap musim 2021/22 mendatang dengan misi meningkatkan kualitas pertahanan tim. Hal ini dibuktikan Arsenal lewat keseriusannya mengejar bek muda Timnas Inggris, Ben White.

Melansir Sky Sports, manajemen Arsenal telah mengajukan uang 40 juta poundsterling untuk menebus White dari klubnya, Brighton. Pihak Brighton pun juga sudah memberikan jawaban atas penawaran Arsenal tadi, yakni berupa penolakan.

Meski demikian, Brighton tak menutup peluang Arsenal guna mendekati White. Brighton masih membuka kesempatan agar Arsenal segera menaikkan tawarannya.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sengaja mengincar White demi kebutuhan mempertangguh kekuatan lini belakang skuat asuhannya. Apalagi Arsenal pasti kehilangan David Luiz yang segera pergi bulan Juli mendatang akibat masa berlaku kontraknya habis.

Kalau menengok kiprah Arsenal musim lalu, sejatinya Arteta mampu merancang tim yang tangguh di sektor pertahanan. Sepanjang Liga Inggris 2020/21, The Gunners cuma kebobolan 39 gol, ketiga terbaik setelah Manchester City dan Chelsea.

Locatelli Tetap Doakan Verratti Cepat Sembuh dari Cedera

0
locatelli
twitter

Dapat kesempatan bermain karena Marco Verratti mengalami cedera, Manuel Locatelli ternyata tetap mendoakan agar gelandang Paris Saint-Germain itu cepat sembuh dari cedera.

Locatelli memang dimainkan oleh Roberto Mancini dalam dua pertandingan Italia di fase grup Euro 2020. Hal itu dikarenakan gelandang andalan mereka, Verratti mengalami cedera lutut.

Keputusan itu tidak salah, Locatelli mampu bersinar dan pertandingan kontra Swiss. Dia menjadi man of the match dengan mencetak dua gol serta membawa Italia menang 3-0.

“Penghargaan man of the match ini untuk semua rekan-rekan setim. Saya salah satu yang termuda di sini dan mereka semua sudah banyak membantu saya,” katanya kepada Football Italia.

Meski mendapat kesempatan main karena Verratti cedera, Locatelli berharap gelandang berusia 28 tahun itu segera pulih dan bermain kembali.

“Saya berharap sekarang, Marco bisa pulih secepat mungkin dan bermain untuk kami lagi. Semuanya ada di tangan pelatih soal starting line-up,” tutupnya lagi.

Kemenangan 3-0 atas Swiss tadi malam membuat Italia kini sudah mengantongi tiket lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Mereka hanya tinggal menghadapi Wales saja di laga terakhir.