BerandaLiga SpanyolBarcelona Beberkan Defisit Pemasukan Cukup Parah

Barcelona Beberkan Defisit Pemasukan Cukup Parah

Kabar baik tidak kunjung muncul ketika membicarakan perihak kondisi finansial Barcelona. Terkini, pihak klub baru saja membuat pengumuman resmi apabila mereka mengalami kerugian sebesar 481 juta euro di musim 2020/21 silam.

Proyeksi pemasukan yang melenceng cukup jauh dari target menjadi penyebab utama. Sebagai informasi, Barcelona mencanangkan pemasukan sebesar 828 juta euro musim lalu. Namun pada kenyataannya, Barcelona hanya mampu membukukan pemasukan 628 juta euro. Alhasil total kerugian 481 juta euro harus mereka terima dikarenakan pengeluaran mencapai 1,1 milyar euro.

Kendati banyak yang berpikir jika kerugian tersebut dpengaruhi oleh pandemi COVID-19, nyatanya hasil audit tidak mengatakan demikian. Penutupan fasilitas klub untuk publik dan tiket pertandingan hanya merugikan Barcelona sebesar 92 juta euro, hanya sekita 20% dari total kerugian. Jika pandemi tidak terjadi, Barcelona masih tetap akan merugi 390 juta euro.

Pengeluaran Barcelona musim lalu sendiri mengalami kenaikan 19% dari musim 2019/20 kendat kondisi keuangan jauh lebih buruk. Total utang yang ditanggung Barcelona hingga saat ini ada di angka 1,35 milyar euro, dengan kontribusi terbesar datang dari 680 juta euro utang eksternal dan 533 juta euro utang bank. Sedangkan pemangkasan gaji dan penjualan pemain di musim panas 2021 silam hanya membantu klub sebesar 125 juta euro.

Berita Bola Serupa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini