Arema FC Hitung Kemungkinan Kedatangan Pemain Asingnya

Arema FC Hitung Kemungkinan Kedatangan Pemain Asingnya

Dua legiun asing Arema FC belum kembali ke Malang. Keduanya adalah Matias Malvino (Uruguay) dan Oh In-kyun (Korea Selatan). Namun, kans Matias Malvino untuk kembali ke Indonesia lebih besar. Sebab, Uruguay termasuk dalam zona oranye Covid-19.

Perbedaan kans ini disampaikan Local General Coordinator Officer Arema FC, Rahmat Taufik Hentihu. Semua ini berkaitan dengan Permenkumham RI Nomor 11 Tahun 2020. Regulasi tersebut mengatur tentang pelarangan orang asing masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.

Seperti diketahui, dua legiun asing Arema FC masih berada di negara asalnya. Matias Daniel Malvino Gomez masih berada di Uruguay. Sementara Oh In-kyun masih berada di Korea Selatan.

Rahmat Taufik menjelaskan, peluang Matias Malvino kembali ke Indonesia lebih besar. Sebab, ada celah baginya untuk menembus Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020. Jika proses renegosiasi rampung, ia bisa segera terbang ke Malang.

“Ada peluang Matias Malvino masuk Indonesia dar negaranya, Uruguay. Dia juga sudah tidak ada masalah. Tinggal menunggu beres renegosiasi, dia bisa terbang ke Indonesia,” ujar Rahmat Taufik.

Penuhi Persyaratan

Dalam Permenkuham tersebut, memang ada pelarangan bagi warga negara asing untuk masuk Indonesia. Pelarangan ini berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Namun, Malvino dinilai memenuhi syarat pengecualian sehingga bisa kembali ke Malang.

“Dalam Permenkumham memang melarang WNA masuk Indonesia di tengah pandemi. Namun, dalam aturan itu ada pengecualian bagi WNA yang bisa masuk Indonesia. Dan itu dimiliki oleh Malvino.

Arema FC Hitung Kemungkinan Kedatangan Pemain Asingnya

Persyaratan yang dimaksud Rahmat adalah harus memegang KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas). Selain itu, negara asal WNA juga bukan zona merah Covid-19.

Seperti diketahui, Uruguay masuk kategori zona oranye (ringan) Covid-19. Berdasarkan worldometers.info, Uruguay menempati rangking 145 paparan Covid-19 dunia. Dari 1.009 kasus, 909 orang dinyatakan telah pulih.

Harus Komunikasi dengan Imigrasi

Sedangkan untuk Oh In-kyun, Arema FC harus berkoordinasi dengan pihak imigrasi. Sebab, Korsel masuk kategori zona merah penyebaran Covid-19. Hingga kini, ada 13.672 kasus positif di Korsel.

“Kalau Oh In-kyun, kami harus berkomunikasi dengan pihak imigrasi. Kami berharap dia diizinkan kembali ke Indonesia,” ujar Rahmat.

“Namun, jika keduanya diizinkan, mereka tetap wajib membawa surat keterangan sehat. Atau surat keterangan telah 14 hari berada di daerah bebas Covid-19. Kemudian, mereka juga harus membawa pernyataan siap dikarantina 14 hari,” imbuhnya.

Selain Malvino dan In-kyun, legiun asing Arema FC lainnya telah berada di Malang. Keduanya adalah Elias Alderete dan Jonathan Bauman.

Arema FC Hitung Kemungkinan Kedatangan Pemain Asingnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top