Aji Santoso Sudah Siapkan Program untuk Persebaya Surabaya

Aji Santoso Sudah Siapkan Program untuk Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya belum mengambil sikap mengenai lanjutan Liga 1. Meski demikian, sang pelatih, Aji Santoso, mengaku sudah menyusun program persiapan. Baginya, butuh waktu dua bulan untuk mematangkan persiapan tim.

Seperti diketahui, Persebaya masih bersikeras menolak berpartisipasi dalam lanjutan liga. Menurut manajemen, masih ada beberapa hal teknis yang mengganjal. Mereka masih menunggu rincian jawaban dari PSSI dan PT LIB.

Selain itu, tingginya angka positif Covid-19 juga menjadi pertimbangan. Apalagi, di Surabaya, grafiknya terus meningkat tajam belakangan ini. Hal ini membuat Kota Surabaya menjadi episentrum penyebaran Covid-19.

Meski demikian, pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengaku siap kembali ke Surabaya. Kapanpun manajemen memangil, ia memastikan akan bersedia datang. Sejauh ini, komunikasinya dengan manajemen juga berjalan dengan baik.

“Saya sudah menjalin komunikasi dengan manajemen (Persebaya),” ujar Aji Santoso dalam kanal Youtube resmi Persebaya.

Butuh Waktu Persiapan Dua Bulan

Aji Santoso juga mengaku sudah menyiapkan program persiapan tim. Untuk membangun tim, ia membutuhkan waktu dua bulan. Sebab, kondisi fisik pemain Persebaya tentu mengalami penurunan.

Aji juga menganggap penurunan fisik tersebut adalah hal wajar. Sebab, sudah tiga bulan lebih pemain hanya menjalani latihan secara mandiri. Intensitas latihan yang berbeda tentu memengaruhi fisik pemain. Namun, ia menilai penurunan tersebut tidak akan terlalu signifikan.

“(Penurunan fisik) itu wajar. Namun, kalau ada penurunan tidak terlalu jauh. Paling kondisi pemain sekitar 60 persen lah,” ujar eks pelatih Persela Lamongan tersebut.

Aji Santoso Sudah Siapkan Program untuk Persebaya Surabaya

Dukung Regulasi Pemain Muda

Lebih lanjut, Aji sebenarnya mendukung regulasi pemain muda. Apalagi, timnas Indonesia akan tampil dalam Piala Dunia U-20 tahun depan. Menrutnya, regulasi tersebut penting untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda.

“Saya kira regulasi pemain muda di Liga 1 itu bagus. Jujur, saya tidak ada masalah sebenarnya,” kata Aji Santoso.

“Bagi saya, regulasi itu sangat diperlukan. Apalagi mereka akan turun di Piala Dunia tahun 2021. Tentu mereka membutuhkan jam terbang,” imbuhnya.

Menurut Aji, permasalahan pemain muda adalah soal menit bermain. Kebanyakan pemain belia kalah saing dengan para seniornya. Padahal potensi pemain muda tersebut dinilainya cukup menjanjikan. Namun, potensi tersebut tidak berkembang karena minimnya kesempatan yang diberikan pelatih.

Namun, regulasi pemain U-20 ini tidak tercantum dalam surat keputusan PT LIB. Surat tersebut hanya memuat jadwal kickoff lanjutan Liga 1. Selain itu, surat tersebut juga memastikan sisa pertandingan bakal dipusatkan di Pulau Jawa.

Aji Santoso Sudah Siapkan Program untuk Persebaya Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top